Senin, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 Desember 2019

Senin, 12 Rabiul Akhir 1441 / 09 Desember 2019

Spanyol Vs Rumania: Kado Manis untuk Fan La Roja

Senin 18 Nov 2019 06:06 WIB

Red: Andri Saubani

Para pemain timnas Spanyol berlatih jelang menghadapi Swedia pada laga kualifikasi Euro 2020.

Para pemain timnas Spanyol berlatih jelang menghadapi Swedia pada laga kualifikasi Euro 2020.

Foto: EPA-EFE/JESSICA GOW
Spanyol telah memastikan tiket ke putaran final Euro 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Anggoro Pramudya

Baca Juga

Meski telah memastikan tiket lolos ke putaran final Euro 2020, timnas Spanyol tetap mengusung misi penting saat menjamu Rumania pada laga pamungkas Grup F Kualifikasi Piala Eropa di Stadion Wanda Metropolitano, Selasa (19/11) dini hari WIB nanti.

Selain mempertahankan rekor tak terkalahkan dihadapan pendukungnya nanti, La Furia Roja juga bertekad masuk pot 1 ketika drawing Euro 2020 yang berlangsung 30 November mendatang.

Armada Roberto Moren baru saja pesta gol ketika berhadapan dengan Malta pada matchday kesembilan Kualifikasi Grup F. La Roja sukses mencukur lawannya tujuh gol tanpa balas, dan memastikan posisi pertama dengan perolehan angka 23 dari tujuh kemenangan serta dua kali imbang.

Sementara, Rumania yang gagal lolos ke putaran final usai menelan kekalahan 0-2 atas Swedia di Bucharest, tentu tak ingin menyia-nyiakan partai terakhir. Anak asuh Cosmin Contra berhasrat menutup fase grup dengan mengalahkan kampiun Euro 2012 tersebut.

"Saya senang dengan tim ini karena memiliki banyak pemain bagus, sehingga bisa melakukan beberapa perubahan. Kemenangan tentu merupakan sutau kewajiban dan kami akan menutup kualifikasi ini dengan suka cita dihadapan para fan," tegas Moreno dilansir laman resmi timnas Spanyol, Ahad (17/11).

Sejak mengambil alih kepelatihan Spanyol dari tangan Luis Enrique, Moreno selalu mendapat kritikan dari para pendukung La Roja. Namun, sejauh ini ia membuktikannya dengan mengamankan beberapa kemenangan. Bahkan, entrenador berusia 42 tahun kerap berani melakukan rotasi bagi pemain muda lainnya.

Rotasi yang dijalankan Moreno sejauh ini terbukti bekerja dengan baik. Spanyol mampu tampil dominan dengan wajah-wajah baru, seperti Dani Olmo, Pau Francisco Torres, dan Juan Bernat.

"Pentingnya menjaga keseimbangan tim, kami perlu melakukannya. Tentu, pertandingan ini akan sangat berharga bagi Rumania, namun kami berharap bisa memenangkannya," sambung Moreno.

Di kubu tim tamu, Rumania datang dengan kondisi sulit. Pasalnya, mereka gagal mengamankan kursi kedua setelah kalah atas Swedia. Akan tetapi, kans tim berjuluk Tricolorii untuk mentas di Piala Eropa mendatang masih terbuka meski sangat tipis.

Ciprian Tatarusanu dan kolega harus menyelesaikan babak grup dengan finis di tempat ketiga, bersaing dengan Norwegia yang memiliki perolehan angka sama (14). Nantinya, apabila mereka menang atas Spanyol maka Rumania berhak masuk babak play-off, jalur UEFA Nation League, yang akan digelar Maret 2020 mendatang.

"Sulit untuk menerima kekalahan, hasil atas Swedia membuat kami kecewa. Namun, saya kata para pemain untuk tetap fokus menghadapi pertandingan berikutnya, karena kami harus memanfaatkan peluang sekecil apapun," tegas Cosmin Contra.

Contra yang pernah bermain untuk AC Milan dan Atletico Madrid berharap pasukannya menunjukan tekad yang besar dan selalu bermain ngotot hingga akhir pertandingan. Pasalnya, mereka tak bisa menyianyiakan atu-satunya jalan untuk ikut berpartisipasi pada ajang bergengsi Benua Eropa.

"Kemenangan jadi harga mati, kami harus tampil semaksimal mungkin."

Setelah memenangkan empat dari tujuh pertandingan terakhir mereka di awal kualifikasi, tim Cosmin Contra gagal tampil konsisten. Hal itu tentu yang perlu diperhatikan Rumania andai mereka lolos ke fase play-off nanti.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA