Minggu, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 Desember 2019

Minggu, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 Desember 2019

Portugal Amankan Tiket Putaran Final Piala Eropa 2020

Ahad 17 Nov 2019 23:15 WIB

Red: Yudha Manggala P Putra

Selebrasi pemain Portugal usai gol ke gawang Luksemburg, Ahad (17/11) malam WIB.

Selebrasi pemain Portugal usai gol ke gawang Luksemburg, Ahad (17/11) malam WIB.

Foto: EPA
Portugal menang 2-0 atas Luksemburg dan memastikan lolos ke putaran final.

REPUBLIKA.CO.ID, LUKSEMBURG -- Portugal mengamankan tiket putaran Final Piala Eropa 2020 usai mengalahkan tim tuan rumah Luksemburg 2-0 di Stade Josy Barthel, Ahad (17/11) malam WIB. Gol dalam laga kualifikasi Grup B dicetak Bruno Fernandes pada babak pertama dan Cristiano Ronaldo jelang akhir babak kedua.

Selain mengunci kemenangan Portugal, gol CR 7 kali ini menandai gol internasionalnya yang ke-99. Ronaldo sebelumnya sudah mencetak 98 gol untuk negaranya dalam 163 pertandingan. 13 di antaranya dicetak dari tujuh pertandingan terakhir.

Tampil di kandang lawan, Portugal sebenarnya cukup disulitkan Luksemburg. Terutama pada 30 menit sejak pertandingan dimulai. Tuan rumah bermain cukup menekan. Namun Portugal sukses meredam tekanan lawan dan membalikan situasi lewat gol pada menit 39'.

Gol berawal dari umpan terobosan Bernardo Silva, yang tiba tiba dilambungkan dari belakang garis tengah lapangan ke depan. Bruno, yang berlari dari tengah lapangan menyilang ke sisi kanan langsung menyambut bola. Usai menggiringnya sebentar melewati bek lawan ia melepaskan tembakan mendatar kencang dari luar kotak ke jala kanan gawang kiper Luksemburg. Skor 1-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua sejumlah peluang kembali didapatkan Luksemburg maupun Portugal. Namun hingga 40 menit laga berjalan tidak ada gol tercipta. Baru pada menit ke 89 gol kedua akhirnya dicetak Ronaldo. Berawal dari bola muntah usai tendangan Jota ditangkis penjaga gawang, Ronaldo sukses mencocor bola ke jala lawan.

Hasil ini membawa Portugal ke posisi kedua klasemen Grup B Piala Eropa dengan poin 17. Di puncak grup ada Ukraina yang mengantongi poin 20 usai bermain imbang dengan Serbia.

Susunan Pemain

Luksemburg: Moris, Jans, Chanot, Gerson, Carlson, Thill, Martins, Skenderovic, Turpel, Rodrigues, Deville

Cadangan: Bensi, Bohnert, Da Mota, Hall, Joachim, Malget, Martins, Philipps, Schon, Selimovic, Sinani, Thill

Portugal: Patricio, Pereira, Fonte, Dias, Guerreiro, Fernandes, Pereira, Pizzi, Ronaldo, B Silva, A Silva

Cadangan: Beto, Cancelo, Duarte, Jota, Eder, Moutinho, Neves, Paciencia, Rui, Jose, Semedo, Bruma

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA