Selasa, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 Desember 2019

Selasa, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 Desember 2019

Para Timnas Elite Melaju ke Putaran Final Piala Eropa 2020

Selasa 19 Nov 2019 02:02 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto

Piala Eropa (Euro) 2020

Piala Eropa (Euro) 2020

Foto: Republika
Dari Grup A, ada Inggris dan Republik Ceska yang melaju.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Kualifikasi Piala Eropa 2020 akan segera berakhir. Sejumlah tim elite dipastikan melaju ke putaran final kompetisi antarnegara Benua Biru.

Dari Grup A, ada Inggris dan Republik Ceska. Kubu the Theree Lions tak mengalami kendala signifikan. Dalam delapan pertandingan, Jordan Henderson dan rekan-rekan meraih tujuh kemenangan.

Skuat polesan Gareth Southagate nyaman di singgasana. Satu-satunya kekalahan Inggris terjadi saat tim tersebut bertandang ke markas Ceska, pada Oktober lalu. Tampil di Sinobo Stadium, pasukan negeri Ratu Elisabeth menyerah 1-2.

Ukraina dan Portugal jadi wakil dari Grup B. Di luar dugaan, juara bertahan susah payah meraih tiket ini. Armada Selecao das Quinas bersaing ketat dengan Serbia demi mendapatkan tempat kedua.

Pada akhirnya, Cristiano Ronaldo dan rekan-rekan meraih posisi tersebut. Pada laga pamungkas Grup B, Serbia bermain imbang 2-2 dengan Ukraina. Sementara di pertandingan lain, Portugal mengalahkan tuan rumah Luxemburg.

Di Grup C, tak ada kejutan berarti. Jerman dan Belanda lolos ke putaran final Piala Eropa. Irlandia utara, tak cukup kuat menandingi duo elite Benua Biru itu.

Suasana sangat kompetitif terjadi di Grup D. Denmark, Swiss, dan Republik Irlandia bersaing memperebutkan dua tiket. Menarik dinantikan bagaimana akhir pertarungan tersebut.

Kroasia meluncur mulus dari Grup E. Luka Modric dan rekan-rekan nyaman di singgasana dengan raihan 17 poin dari delapan pertandingan. Satu tiket lainnya, diperebutkan antara Hungaria dan Wales.

Spanyol dan Swedia menjadi wakil Grup F. Nama pertama memastikan diri sebagai pemimpin kelompok tersebut. La Roja meraih 25 poin dari sembilan pertandingan.

Swedia tertahan di kursi runner-up. Pasukan biru-kuning mengemas 18 poin. Rumania dan Norwegia masuk kotak. Dengan koleksi 14 poin, dua tim tersebut, tak bisa berbicara banyak. Kualifikasi Grup F menyisakan satu pertandingan lagi.

Polandia dan Austria utusan Grup G yang lolos ke Piala Eropa. Kemudian Belgia-Rusia dari Grup I. Terakhir, Italia-Finlandia, wakil dari Grup J yang memastikan diri menuju putaran final.

"Kami kembali tergabung di antara negara-negara sepakbola terbaik di Eropa. Kami membuat langkah itu untuk bersaing dengan mereka, Dalam beberapa tahun terakhir, kami membuat perbedaan di panggung dunia," ujar kapten Gli Azzurri, Leonardo Bonucci.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA