Wednesday, 17 Rabiul Akhir 1442 / 02 December 2020

Wednesday, 17 Rabiul Akhir 1442 / 02 December 2020

Timnas Pelajar Seharusnya Bisa Menang Lebih dari 10 Gol

Selasa 19 Nov 2019 16:56 WIB

Red: Endro Yuwanto

Timnas Pelajar Indonesia tengah berlatih di Balikpapan, Senin (18/11).

Timnas Pelajar Indonesia tengah berlatih di Balikpapan, Senin (18/11).

Foto: Dok Kemenpora
Supriyadi dan kawan-kawan membombardir gawang Srilanka 8-0.

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- Di mata pelatih timnas pelajar U-18 Indonesia, Bambang Warsito, anak-anak latihnya sebenarnya bisa menang lebih dari 10 gol saat menghadapi Srilanka. Kedua tim bertemu dalam pertandingan pertama Grup B Piala Pelajar Asia di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Ahad (17/11).

Dalam pertandingan itu, Supriyadi dan kawan-kawan membombardir gawang Srilanka 8-0. Dua gol pertama bahkan terjadi dalam waktu kurang dari 5 menit.

Skenario gol juga beragam. Mulai dari open play yang menciptakan kemelut di depan gawang. Lalu, serangan dari kanan dan kiri selain tusukan tengah yang mematikan, juga dari set piece tendangan bebas tidak langsung yang dihalangi pagar hidup pemain lawan hingga penalti.

“Tentu kami sangat syukuri hasil ini. Semua yang saya instruksikan jalan dengan baik. Justru karena itu, anak-anak sebenarnya bisa menang lebih dari 10 gol,” kata Bambang Warsito di akhir pertandingan.

Dalam laga tersebut, setidaknya para pemain Indonesia melepaskan 15 tembakan tepat sasaran. Yang tidak menjadi gol berhasil diblok kiper atau dihalau bek-bek Srilanka.

Di sisi lain, sebut Warsito, kemenangan ini membawa atmosfer positif bagi para pemain, menaikkan rasa percaya diri dan menggelorakan semangat. “Apalagi kami akan lawan Korea Selatan di pertandingan kedua,” ujar Warsito. Partai Indonesia vs Korea Selatan akan berlangsung Selasa (19/11).

Dalam masa 24 jam ini Warsito membenahi lini tengah pasukannya dan komunikasi antarlini dan antarpemain serta disiplin dalam tugas dan peran masing-masing. Ia mengingatkan dalam beberapa kali serangan balik Srilanka, pertahanan Garuda Muda sempat keteteran. “Harus ada yang backup ketika Sandi naik membantu serangan. Begitu juga ketika kami kehilangan bola, langsung menekan lawan,” jelasnya.

Warsito cukup optimis anak-anak latihnya akan mampu mengimbangi anak-anak Korea Selatan yang secara fisik rata-rata lebih tinggi dari skuat Merah Putih. “Kuncinya disiplin dan kerja keras. Saya yakin anak-anak akan mampu memenuhi harapan kita semua,” tegas dia.

Selain Korea Selatan, lawan berat Indonesia di Grup B adalah China, yang akan dihadapi pertengahan pekan ini. Turnamen sepak bola Piala Pelajar Asia di Balikpapan diikuti delapan negara dengan menampilkan atlet usia U-18. Di Grup A tergabung Malaysia, Singapura, India, dan Thailand. Seluruh pertandingan digelar di Stadion Batakan setiap hari pada pukul 14.00, 16.00, dan 18.00 WIB. Lama satu babak pertandingan adalah 40 menit.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA