Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Marquez Bersaudara akan Mengaspal di MotoGP Musim 2020

Selasa 19 Nov 2019 17:17 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto

Alex Marquez

Alex Marquez

Foto: EPA-EFE/Kai Foersterling
Marc Marquez menyatakan, keputusan tim merekrut Alex bukan atas permintaannya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim MotoGP Repsol Honda mengumumkan Alex Marquez sebagai salah satu pembalap tim di musim 2020, Senin (18/11) waktu setempat. Posisi Jorge Lorenzo  dipastikan diganti oleh adik Marc Marquez itu.

"Honda Racing Corporation dengan senang hati mengumumkan penandatanganan juara dunia (Moto2 2019) Alex Marquez. Pembalap muda Spanyol itu akan bergabung dengan tim Repsol Honda dengan kontrak satu tahun," demikian pernyataan HRC, tim yang menaungi Alex di Moto2, Selasa (19/11).

Alex Marquez akan pindah dari kelas menengah untuk berpartner dengan juara dunia (MotoGP 2019) Marc Marquez pada 2020. "Ini akan menjadi musim debutnya (Alex) di kelas utama di atas Honda RC213V," jelas HRC.

Alex, 23 tahun, menjadi juara dunia Moto2 musim 2019 mengalahkan kandidat lain seperti Johann Zarco dan Cal Crutchlow di bursa pembalap Honda Repsol berikutnya. Ia diikat kontrak selama satu musim balap atau sepanjang musim MotoGP 2020.

photo
Marc Marquez


Sang kakak, Marc Marquez, menyatakan, keputusan tim merekrut Alex bukan didasari oleh permintaannya. Ia menyatakan, hal tersebut merupakan hak prerogatif tim untuk mendatangi siapa pun yang akan mendampinginya musim depan.

"Bukan hak saya menentukan pilihan dan saya tak akan menekan (tim) untuk menentukan. Kami masih terkejut pada kabar (Lorenzo pensiun), bahkan manajer tim Alberto Puig juga begitu," ujar Marquez seperti dilansir Crash.

Manajer tim Repsol Honda, Alberto Puig juga menampik gosip yang menyebutkan rekrutmen Alex dilakukan agar proses perpanjangan kontrak dengan Marc Marquez yang habis pada 2020 dapat berjalan mulus.

Puig menegaskan, tak ada campur tangan Marc Marquez dalam pengambilan keputusan tim mendatangkan adiknya bergabung bersama pabrikan asal Honda tersebut. Saat menawari posisi pembalap pada Alex, Puig hanya berbicara dengan manajer pribadinya, Emilio Alzamora.

"Keputusan ini diambil setelah kabar pensiunnya Jorge (Lorenzo). Kami berpikir keras dan memutuskan di jam-jam terakhir," kata Puig. "Saya nyatakan Marc tidak terlibat dalam hal ini. Tentu saja jika saudaranya bergabung dalam tim yang sama, ia mungkin akan bahagia. Itu normal."

Selain tak melibatkan Marc, Repsol Honda melihat kualitas Alex di atas lintasan. Setelah Alex meraih gelar Moto2 musim ini, ia memerhatikan Alex memiliki potensi yang mumpuni untuk memulai debutnya bersama pihaknya.

Marquez bersaudara pun akan menjadi kakak-beradik pertama yang membalap dalam satu tim dalam sejarah MotoGP. Namun, mereka merupakan pasangan kedua di MotoGP musim depan.

Selain mereka, ada nama Alex dan Pol Espargaro yang berseragam Aprilia dan KTM. Meski keduanya berbeda tim saat ini, mereka sempat satu naungan saat masih membalap di kasta Moto2. Ketika naik kelas ke MotoGP, dua pembalap berpaspor Spanyol itu terpaksa menjadi saingan di atas lintasan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA