Tuesday, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 December 2019

Tuesday, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 December 2019

Ancelotti Jadi Kandidat Kuat Calon Pelatih Baru Tottenham

Rabu 20 Nov 2019 07:12 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Bayu Hermawan

Carlo Ancelotti

Carlo Ancelotti

Foto: EPA-EFE/CHRISTIAN BRUNA
Ancelotti jadi kandidat kuat pelatih baru Tottenham Hotspur menggantikan Pochettino.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sejumlah nama disebut-sebut berpeluang menjadi pelatih baru Tottenham Hotspur, untuk menggantikan Mauricio Pochettino yang baru saja dipecat. Salah satunya adalah Carlo Ancelotti, yang kini menjadi pelatih klub Serie A Italia, Napoli.

Seperti diberitakan The Daily Mail,  Ancelotti menjadi incaran Hotspur bersama pelatih RB Leipzig, Julian Nagelsmann dan arsitek Bournemouth, Eddie Howe. Namun, Ancelotti dikabarkan menjadi kandidat terkuat di antara nama-nama tersebut.

Ancelotti memiliki pengalaman mumpuni di tanah Inggris bersama Chelsea. Selama melatih Chelsea, Ancelotti mempersembahkan trofi Liga Primer Inggris dan Piala FA pada tahun 2010.

Namun, bukan perkara mudah bagi the Lily White untuk mendaratkan Ancelotti. Sebab, pria berusia 60 tahun itu masih terikat kontrak dengan Napoli hingga tahun 2021. Tetapi cerita bisa berbeda, karena Ancelotti saat ini juga sedang berada di ujung tanduk di Napoli.

Seperti diberitakan sebelumnya, Manajemen Tottenham Hotspur memutuskan memecat Maurico Pochettino pada Rabu (20/11) dini hari WIB. Setelah lima musim bersama the Lily whites, Pochettino akhirnya angkat koper. Kabar pemecatan pelatih asal Argentina itu diumumkan langsung oleh Bos Tottenham Hotspur, Daniel Levy.

"Sebetulnya kami enggan melakukan (pemecatan) ini, petinggi klub terpaksa mengambil keputusan yang sulit ini. Hasil di liga domestik akhir musim lalu dan awal musim ini sangatlah mengecewakan," kata Levy dikutip BBC Sport.

Hingga kompetisi Liga Primer Inggris musim 2019/2020 bergulir, Spurs hanya mampu mencatatkan tiga kemenangan, sisanya lima imbang, dan empat kekalahan. Klub asal London Utara itu kini bertengger di posisi ke-14 klasemen dengan koleksi 14 poin dari 12 laga. Secara keseluruhan Pochettino mencatatkan 159 kemenangan, 62 imbang, dan 72 kekalahan bersama Tottenham.

Sebetulnya, Pochettino masih terikat kontrak bersama Spurs hingga 2023. Namun, dia tidak terkejut jika kontrak kerjanya diputus pertengahan jalan menyusul hasil buruk Spurs. "Itulah sepak bola, saya tidak terkejut. Ini normal. Rumor itu tidak mengejutkan saya," ujar Pochettino, belum lama ini.

Bersama Spurs, Pochettino belum menghasilkan satupun trofi juara di kompetisi resmi. Prestasi terbaiknya membawa Harry Kane dan kawan-kawan menjadi finalis Liga Champions musim lalu. Sedangkan di Liga Primer Inggris, prestasi terbaik Pochettino mengantarkan Spurs sebagai runner up.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA