Saturday, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 December 2019

Saturday, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 December 2019

Ancelotti Protes Penggunaan VAR di Serie A

Rabu 20 Nov 2019 22:08 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Bayu Hermawan

Carlo Ancelotti

Carlo Ancelotti

Foto: EPA-EFE
Ancelotti menilai wasit yang harus memberikan putusan akhir bukan VAR

REPUBLIKA.CO.ID, NAPLES -- Pelatih Napoli, Carlo Ancelotti mengkritik video assistant referee (VAR) di kompetisi Serie A Italia. Ancelotti menyarankan pihak Serie A untuk menyerahkan hak penuh pada wasit dalam membuat keputusan pada pertandingan, bukan kepada VAR.

Pernyataan itu ia sampaikan saat menghadiri rapat antara pemain, pelatih, dan wasit dengan pihak Serie A di Roma, Italia, Selasa (19/11) waktu setempat. Ancelotti hadir di rapat itu setelah pada laga kontra Atalanta, Oktober lalu, dirinya diusir wasit karena protes yang dianggap terlalu keras.

Ancelotti mengritik VAR yang memberikanpenalti untuk Napoli, meski dirinya merasa seharusnya wasit memberi keputusan penalti. "Apa anda melihat kesalahan dalam laga Napoli-Atalanta?" tanya Ancelotti kepada Nicola Rizolli, desainer VAR di Italia.

Rizzoli menjawab, pihaknya menampik melakukan kesalahan pada laga tersebut. Menurutnya, VAR sudah melakukan tugasnya dengan baik.  "Boleh saya pergi kali ini? Sudah cukup bagi saya untuk mengetahui anda melakukan kesalahan," kata Ancelotti pada Rizzoli.

Menurut Ancelotti, wasit memegang peran penting pada pertandingan. Sebab menurutnya, meskipun VAR sudah mengeluarkan hasil, tetap wasit menjadi penentu akhir keputusan. "Untuk alasan objektifitas, boleh saja. Tapi di luar itu, VAR tidak bisa menjadi penentu keputusan," ujar Ancelotti.

Setelah jeda internasional, Napoli akan menghadapi AC Milan akhir pekan nanti. Ancelotti mau tak mau menghadapi lawan dengan VAR yang masih berlaku di Serie A.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA