Tuesday, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 December 2019

Tuesday, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 December 2019

Masuk Nominator Ballon dOr, Mbappe Merendah

Senin 25 Nov 2019 19:38 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Bayu Hermawan

Kylian Mbappe

Kylian Mbappe

Foto: EPA-EFE/Julien de Rosa
Mbappe menilai Messi layak mendapatkan trofi Ballon d'Or.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS -- Penyerang Paris Saint Germain (PSG), Kylian Mbappe menilai Lionel Messi layak mendapatkan trofi Ballon d'Or 2019. Menurut penyerang asal Prancis tersebut, dalam setahun terakhir, Messi mampu tampil lebih baik ketimbang pemain-pemain lain yang masuk dalam kandidat peraih salah satu penghargaan buat pesepakbola paling bergengsi sejaga tersebut.

Sebenarnya, Mbappe juga termasuk dalam daftar 30 pemain peraih Ballon d'Or 2019. Penyerang berusia 20 tahun itu menjadi satu-satunya wakil dari Ligue 1 yang masuk dalam daftar penghargaan pemain terbaik versi France Football tersebut. Namun, Mbappe justru lebih memilih untuk menjagokan bintang Barcelona tersebut.

''Messi. Dalam aspek kemampuan individu, dia adalah yang terbaik dalam satu tahun terakhir,'' kata Mbappe kepada Der Spiegel, seperti dikutip Daily Mail, Senin (25/11).

Pada musim lalu, Messi memang mengakhiri musim kompetisi dengan torehan total 51 gol di semua ajang dan meraih gelar sepatu emas Eropa. Selain itu, pemain berjuluk La Pulga itu juga mengantarkan Barcelona mempertahankan titel La Liga. Namun, Messi dinilai bakal mendapatkan persaingan ketat dari bek tengah Liverpool, Virgil Van Dijk, dan bintang Juventus, Cristiano Ronaldo.

Keberhasilan Van Dijk tampil konsisten di lini belakang mengantarkan Liverpool merengkuh titel Liga Champions musim lalu. Tidak hanya itu, Van Dijk juga sempat terpilih sebagai pemain terbaik Eropa 2019. Sedangkan Cristiano Ronaldo mampu mengantarkan Juventus mempertahankan gelar Scudetto dan membawa Portugal meraih titel UEFA League of Nations.

Namun, keberhasilan terpilih sebagai menjadi pemain terbaik versi FIFA pada September silam membuat Messi diunggulkan untuk bisa meraih gelar Ballon d'Or 2019. Jika berhasil menggondol trofi Ballon d'Or 2019, maka Messi akan menjadi pemain pertama yang berhasil meraih enam penghargaan Ballon d'Or.

Sebelumnya, pemain berusia 32 tahun berhasil mendapatkan penghargaan Ballon d'Or pada 2009. 2010, 2011, 2012, dan 2015. Bersama Cristiano Ronaldo, Messi memang menjadi pemain yang paling banyak meraih trofi Ballon d'Or, yaitu sebanyak lima kali. Rencananya, acara penganugerahan trofi Ballon d'Or 2019 akan digelar di Paris pada 2 Desember mendatang.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA