Tuesday, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 December 2019

Tuesday, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 December 2019

Dibekap Leverkusen, Muenchen Turun ke Peringkat Keempat

Ahad 01 Dec 2019 03:10 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Andri Saubani

Ekspresi dua pemain Bayern Muenchen, Ivan Perisic (kanan) dan Robert Lewandowski pada laga Bundesliga lawan Bayer Leverkusen, Sabtu (30/11).

Ekspresi dua pemain Bayern Muenchen, Ivan Perisic (kanan) dan Robert Lewandowski pada laga Bundesliga lawan Bayer Leverkusen, Sabtu (30/11).

Foto: EPA/Lucas Barth
Muenchen menyerah 1-2 dari Bayer Leverkusen.

REPUBLIKA.CO.ID, MUENCHEN -- Rentetan empat kemenangan beruntun di semua ajang Bayern Muenchen akhirnya harus terhenti kala menerima lawatan Bayern Leverkusen di pekan ke-13 Bundesliga, Ahad (1/12) dini hari WIB. Secara mengejutkan, Die Bayern menyerah 1-2 dari Die Werkself dalam laga yang digelar di Stadion Allianz tersebut.

Kegagalan memetik poin di laga ini membuat posisi Muenchen melorot ke peringkat keempat klasemen sementara Bundesliga, dengan hanya mengumpulkan 24 poin dari 13 laga. Die Bayern pun tertinggal tiga poin dari RB Leipzig, yang mampu mengambil alih posisi puncak klasemen sementara usai menang 3-2 atas Paderborn di laga lainnya, Sabtu (30/11) malam WIB.

Kekalahan dari Leverkusen ini sekaligus mengakhiri rentetan dua kemenangan beruntun di laga kandang, sekaligus menjadi kekalahan kedua Muenchen di laga kandang di pentas Bundesliga musim ini. Padahal, di laga kontra Leverkusen ini, Muenchen turun dengan kekuatan terbaiknya.

Robert Lewandowski tampil sebagai penyerang tunggal, ditopang dengan Thomas Mueller dan Leon Goretzka di lini tengah. Sementara, Serge Gnabry dan Ivan Perisic dipercaya menempati posisi pemain sayap. Di jantung pertahanan, Javi Martinez kembali diduetkan dengan David Alaba.

Muenchen pun langsung tancap gas begitu laga babak pertama dimulai. Die Bayern terus berusaha membongkar pertahanan tamunya dengan mengandalkan kecepatan Gnabry. Namun, kesalahan operan yang dilakukan Alphonso Davies di lapangan tengah mampu dimanfaatkan Leverkusen.

Kevin Volland mampu mencuri bola menginisiasi serangan balik. Volland kemudian melepaskan umpan teroboson buat Leon Bailey. Tanpa kesulitan, Bailey pun menaklukan Manuel Neuer. Tim tamu mampu unggul saat laga baru memasuki menit kesepuluh.

Muenchen akhirnya bisa membalas lewat gol dari Thomas Mueller pada menit ke-34. Mueller melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Arah bola sempat berubah usai sempat mengenai salah satu kaki pemain bertahan Muenchen. Namun, skor imbang ini hanya bertahan satu menit.

Tepat pada menit ke-35, Leverkusen mampu kembali unggul. Dengan skema yang tidak jauh berbeda dibanding gol pertama, Leverkusen kembali merobek gawang Muenchen. Bailey kembali menjadi aktor utama gol Leverkusen ini. Gol Bailey itu menjadi gol terakhir pada babak pertama.

Tertinggal satu gol di depan pendukungnya sendiri, Muenchen langsung melancarkan serangan pada awal-awal babak kedua. Para penggawa Die Bayer terus mengepung pertahanan Leverkusen.Muenchen tercatat mampu unggul penguasaan bola sebesar 75 persen dan melepaskan 24 tendangan, dengan 11 tendangan tepat ke arah gawang.

Namun, semua usaha Muenchen ini menemui kegagalan. Bahkan, saat Leverkusen bermain dengan 10 pemain, usai Jonathan Tah dikartu merah wasit, Muenchen juga masih belum bisa merobek gawang tim tamu. Satu-satunya peluang terbaik yang dimiliki Die Bayern pada babak kedua adalah lewat sundulan Philippe Coutinho. Sayangnya, bola sundulan Coutinho itu masih membentur tiang gawang, dan Muenchen harus rela kembali menanggung malu di laga kandang di pentas Bundesliga musim ini.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA