Selasa, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 Desember 2019

Selasa, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 Desember 2019

Jerman Tergabung dalam Grup Sulit, Ini Kata Loew

Ahad 01 Des 2019 06:01 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Andri Saubani

Joachim Loew

Joachim Loew

Foto: AP Photo/Peter Dejong
Jerman tergabung dalam grup bersama Prancis dan Portugal di Euro 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, BUCHAREST -- Pelatih Jerman, Joachim Loew, mengungkapkan, bergabung bersama Prancis dan Portugal di Grup F putaran final Piala Eropa 2020 bakal menjadi tantangan berat buat anak-anak asuhnya. Namun, di sisi lain, tampil di Stadion Allianz Arena bakal menjadi motivasi terbesar Die Mannschaft dalam melakoni kerasnya persaingan di Grup F.

Tidak tanggung-tanggung, Jerman harus bersaing dengan pemegang titel di dua turnamen utama terakhir. Prancis datang sebagai kampiun Piala Dunia 2018, sedangkan Portugal berstatus juara bertahan Piala Eropa. Loew pun mengakui, timnya tergabung dalam grup yang sulit.

Namun, pelatih yang mengantarkan Jerman merebut gelar juara Piala Dunia 2014 itu menyebut, tampil di depan pendukungnya sendiri di Stadion Allianz Arena, Muenchen, dapat memberikan keuntungan buat anak-anak asuhnya. Dalam melakoni tiga laga babak penyisihan Grup F, Jerman akan tampil di kandang Bayern Muenchen tersebut.

Pada edisi Piala Eropa ke-16 ini, UEFA memang tidak menunjuk satu negara sebagai penyelenggara utama. Sebanyak 12 stadion di 12 negara berbeda bakal menjadi tuan rumah putaran final Piala Eropa 2020, salah satunya adalah Stadion Allianz Arena.

''Ini adalah grup yang berat. Pertandingan-pertandingan di Muenchen bakal menjadi festival sepak bola. Ekspektasinya tentu akan tinggi. Namun, buat para pemain muda di tim kami, kondisi itu menjadi tantangan sekaligus menjadi motivasi besar buat kami,'' ujar Loew seperti dikutip Reuters, Ahad (1/12) malam WIB.

Dalam undian grup putaran final Piala Eropa 2020, Jerman tergabung dalam unggulan pertama usai mengakhiri babak kualifikasi sebagai juara grup C dengan raihan 21 poin dari delapan laga. Sementara Prancis berada di unggulan kedua, dan Portugal menempati unggulan ketiga usai penampilan kurang meyakinkan di babak kualifikasi.

Untuk kontestan terakhir Grup F baru akan ditentukan lewat hasil play off babak kualifikasi Piala Eropa 2020, tepatnya di jalur A dan D. Setidaknya ada delapan tim yang bakal bersaing memperebutkan satu tempat terakhir di Grup F, yaitu Islandia, Bulgaria, Hongaria, Rumania, Georgia, Belarusia, Makedonia Utara, dan Kosovo.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA