Tuesday, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 December 2019

Tuesday, 13 Rabiul Akhir 1441 / 10 December 2019

Titik-Titik 'Neraka' di Piala Eropa

Senin 02 Dec 2019 03:03 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto

Piala Eropa (Euro) 2020

Piala Eropa (Euro) 2020

Foto: Republika
Dari enam grup yang ditetapkan, Grup F menjadi salah satu yang paling mematikan.

REPUBLIKA.CO.ID, BUCHAREST -- Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) telah menggelar undian grup Piala Eropa (Euro) 2020, Ahad (1/12) dini hari WIB. Dari enam grup yang ditetapkan, Grup F menjadi salah satu yang paling mematikan.

Bagaimana tidak, Grup F akan menyajikan pertarungan dari tiga negara paling sukses di Eropa maupun di dunia. Prancis, yang berstatus juara Piala Dunia 2018 akan saling sikut dengan juara bertahan Piala Eropa, Portugal. Selain itu, kedua negara tersebut juga akan berhadapan dengan juara Piala Dunia 2014, Jerman, dengan satu tempat masih menunggu dari babak play-off.

Pelatih Jerman Joachim Loew mengaku antusias menyambut laga grup 'neraka' tersebut. Ia menilai pertandingan melawan Prancis dan Portugal akan menjadi pusat perhatian dalam Piala Eropa tahun depan. Sebab, lanjut dia, timnya akan berhadapan dengan juara bertahan Piala Dunia dan juara bertahan Piala Eropa.

''Saya pikir pemain juga tak sabar untuk pertandingan ini. Tentu saja ini grup neraka. Semua orang di grup ini harus melewati batas jika ingin maju,'' ujar Loew dikutip dari Aninews, Sabtu (1/12).

Sementara, pelatih Prancis Didier Deschamps mengatakan, Grup F akan menjadi tantangan berat bagi timnya. Namun ia menganggap itu kenyataan yang harus diterimanya untuk bisa fokus pada pertandingan.

Bahkan, Deschamps menyatakan kalau Grup F merupakan grup yang paling sulit untuk dilewati. Apalagi, pertandingan pertama timnya akan berhadapan dengan Jerman di Muenchen. Sehingga pemainnya harus tampil ngotot sejak pertandingan pertama. ''Itu grup yang sulit. Tapi saya pikir Joachim Loew dan pelatih Portugal Fernando Santos berpikir hal yang sama,'' jelas Deschamps.

Pertandingan menarik lainnya akan disajikan di Wembley, saat dua rakasa Eropa, Kroasia dan Inggris akan saling sikut di Grup D. Pertandingan ini dipastikan akan berjalan menarik, mengingat aroma dendam masing menyelimuti Inggris yang disingkirikan Kroasia di semifinal Piala Dunia 2018. Saat itu, Inggris yang sudah percaya diri bisa melaju hingga partai puncak harus tumbang 1-2 oleh Luka Modric dkk.

Namun tantangan berat Inggris bukan semata ada pada Kroasia. Sebab Inggris akan kembali berjumpa dengan lawan satu grupnya di babak kualifikasi, Republik Ceska. Skuat asuhan Gareth Southgate itu memang patut khawatir karena Republik Ceska jadi satu-satunya tim yang mengalahkannya selama kualifikasi.

Meski demikian, Southgate meminta para pemainnya harus tetap percaya diri terhadap kemampuan sendiri, dan melewati segala tantangan yang ada di depan mata. Apalagi, lanjut dia, Kroasia dan Republik Ceska bukan lawan yang asing bagi pemainnya. Belum lagi, Inggris akan bermain di hadapan pendukungan sendiri di Wembley.

Bukan hanya di fase grup, Inggris juga bertekad untuk bisa tampil hingga partai puncak yang digelar di stadion kebanggaan masyarakat Inggris tersebut. ''Bagi kami, bermain di Wembley adalah sesuatu yang sangat spesial dan kami bersemangat menyambut kompetisi ini,'' ujar Southgate.

Di sisi lain, Italia tampaknya tak akan kesulitan untuk bisa lolos dari Grup A, yang diisi oleh Swiss, Turki, dan Wales. Dengan catatan sempurna selama kualifikasi, Italia memang jadi salah satu kandidat juara, jika dibandingkan dengan lawan-lawannya.

Begitu juga dengan Belgia di Grup B, yang hanya akan melawan Rusia, Denmark, dan Finlandia. Lalu Spanyol, akan sedikit lebih tertekan dengan hadirnya Polandia dan Swedia di Grup E. Belanda dan Ukraina akan menjadi laga paling seru di Grup C, mengingat Austria tak terlalu mencolok di Eropa.

Pelatih Spanyol Luis Enrique mengaku sedikit lega timnya tidak satu grup dengan Prancis dan Jerman. Walaupun dirinya tidak tahu akan yang akan terjadi di Grup E. Ia memahami kalau ada dua tim itu di grupnya, bisa-bisa para pemain Spanyol akan terus bertanding sampai peluit akhir dibunyikan. ''Saya senang berada di sini (Grup E) saat undian dan senang melihat banyak orang yang lama tak saya jumpai,'' jelasnya. 

Berikut hasil lengkap undia fase grup Piala Eropa 2020:

Grup A:
Italia, Swiss, Turki, Wales

Grup B:
Belgia, Rusia, Denmark, Finlandia

Grup C:
Ukraina, Belanda, Austria, pemenang Playoff D.

Grup D:
Inggris, Kroasia, Republik Ceska, Pemenang Playoff C.

Grup E:
Spanyol, Polandia, Swedia, Pemenang Playoff B.

Grup F:
Prancis, Jerman, Portugal, Pemenang Playoff A.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA