Senin, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 Januari 2020

Senin, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 Januari 2020

Roger Federer, Legenda Hidup yang Wajahnya Terukir di Koin

Rabu 04 Des 2019 12:30 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto

Petenis asal Swiss, Roger Federer

Petenis asal Swiss, Roger Federer

Foto: AP
Ini adalah kali pertama Swiss mendedikasikan pencetakan pada atlet yang masih hidup.

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah penghormatan diberikan Pemerintah Swiss terhadap salah satu atlet terbaiknya, Roger Federer. Wajah petenis kebanggaan Swiss ini akan terpampang di koin mata uang perak franc Swiss pecahan 20 franc.

Ini adalah kali pertama Pemerintah Swiss damn Swissment (otoritas pencetak koin Swiss) mendedikasikan pencetakan di atas koin terhadap atlet yang masih hidup. Pemerintah mengatakan, juara grand slam 20 kali itu mungkin olahragawan individu paling sukses di Swiss. Federer juga merupakan duta besar yang sempurna untuk Swiss. Sisi "kepala" dari koin menunjukkan Federer memainkan backhand satu tangan.

Pemerintah mengatakan edisi terbatas hingga 95 ribu unit koin Federer dapat dipesan dengan biaya 30 franc Swiss. Dilansir Eurosport, awal pekan ini, koin itu akan dirilis pada Januari 2020. Sedangkan untuk koin emas dengan nilai 50 franc dengan gambar Federer akan dicetak Mei tahun depan. Koin 50 franc akan memiliki desain yang berbeda.

Kini penggemar Roger Federer dapat memiliki legenda Swiss di dompetnya setiap saat. "Prestasi olahraga Roger Federer, komitmen amal, sifatnya yang santai, dan aksesibilitasnya kepada para penggemarnya telah mendorong Swissmint untuk mendedikasikan koin perak 20-franc ini kepadanya, pertama kali dilakukan dengan orang yang masih hidup," ujar seorang juru bicara Swissmint.

Untuk koin 20-franc, pra-penjualan dimulai pada hari Senin 2 Desember dan berlanjut hingga 19 Desember 2019, atau sampai proses pencetakan pertama 55 ribu unit telah terjual habis. Sejauh ini telah ada permintaan sebanyak 60 ribu unit.

Namun, para penggemar tidak boleh putus asa jika gagal mendapatkan koin pada putaran pertama. Jika permintaan melebihi jangka awal, Swissmint berhak untuk mencetak kembali 40 ribu koin lebih lanjut dan menerbitkannya pada Mei 2020. Semua koin Federer dapat dibeli melalui situs web Swissmint.

Federer mungkin adalah individu paling terkenal di Swiss, setelah memenangkan 103 gelar tur dunia, termasuk 20 mahkota grand slam, dan 28 ATP Masters 1000s.  Dia juga menorehkan rekor selama 310 pekan menjadi petenis peringkat pertama ATP.

Roger Federer melalui akun Twitternya mengungkapkan rasa terima kasih atas penghargaan ini. “Terima kasih Swiss dan Swissmint atas kehormatan dan hak istimewa yang luar biasa ini. # DankeSchweiz # MerciLaSuisse # GrazieSvizzera # GraziaSvizra,” tulisnya.

Saat ini, petenis berusia 38 tahun itu berada di posisi ketiga dunia, menandai kali ke-15 ia berada di peringkat tiga teratas, yang merupakan rekor tersendiri. Ia juga menjadi pemain tertua yang mengakhiri musim dengan berada di posisi tiga besar dunia.

Di luar lapangan, petenis Swiss ini terlibat dalam kegiatan filantropis di seluruh dunia dengan yayasan bernama dirinya, yang ia bangun pada tahun 2003. Federer juga memiliki sejumlah penghargaan lainnya. Pada 2012, Kota Halle di Jerman, tempat Federer sekarang menjadi juara 10 kali, dinamai sesuai nama Swiss. Pada 2007, Swiss Post merilis perangko Roger Federer di tempat kelahirannya di Basel.

Koin Swiss peringatan tahun ini termasuk peringatan 50 tahun pendaratan di bulan, Furka Pass, dan rusa roe. Koin peringatan bertema olahraga terbaru keluar pada 2015 untuk merayakan Hornussen, olahraga tradisional Swiss, yang dimainkan oleh petani dengan melibatkan keping dan tongkat.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA