Sunday, 24 Jumadil Awwal 1441 / 19 January 2020

Sunday, 24 Jumadil Awwal 1441 / 19 January 2020

Liverpool Pesta Gol, Taklukkan Everton 5-2

Kamis 05 Dec 2019 05:09 WIB

Red: Israr Itah

Gelandang LIverpool Xherdan Shaqiri (kiri) merayakan golnya ke gawang Everton. Liverpool menaklukkan Everton 5-2.

Gelandang LIverpool Xherdan Shaqiri (kiri) merayakan golnya ke gawang Everton. Liverpool menaklukkan Everton 5-2.

Foto: EPA-EFE/Peter Powell
Liverpool mengoleksi nilai 43 dari 15 laga dan belum tersentuh kekalahan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Liverpool berpesta gol saat menjamu Everton di Stadion Anfield dalam laga derby Merseyside, Kamis (5/12) dini hari WIB. Liverpool menaklukkan Everton 5-2 pada laga pekan ke-15 dan memantapkan posisi mereka di puncak klasemen Liga Inggris.

Liverpool mengoleksi nilai 43 dari 15 laga dan belum tersentuh kekalahan. The Reds unggul delapan poin dari Leicester City di posisi kedua.

Adapun Everton masuk ke zona degradasi dengan kekalahan ini. The Toffees mengoleksi nilai 14, terpaut satu poin dari Southampton di batas akhir zona aman.

Jalannya laga

Pelatih Liverpool Juergen Klopp membuat kejutan dengan menampilkan Divock Origi sebagai starter. Ia didampingi Sadio Mane dan Xherdan Shaqiri serta sokongan Adam Lallana dari tengah.

Formasi ini ternyata sangat pas untuk permainan transisi cepat dari bertahan ke menyerang yang diperagakan Liverpool. Sebab, empat dari lima gol yang tercipta kemudian berasal dari kegagalan Everton menutup alur bola dari counter attack Liverpool. Empat dari lima gol itu juga semuanya tercipta pada babak pertama.

Liverpool membuka skor pada menit keenam. Setelah mengagalkan serangan Everton, bola dioper ke Mane yang menyisir dari sisi kiri. Ia kemudian melepaskan umpan brilian melewati bek Everton dan disambut dengan mudah oleh Origi yang tanpa kawalan untuk menjebol gawang Everton.

photo
Penyerang Liverpool Divock Origi mencetak dua gol ke gawang Everton.

Menit ke-17, the Reds menambah keunggulan dengan situasi yang mirip. Bedanya, kali ini para pemain Everton cepat turun, namun abai mengantisipasi pergerakan pemain Liverpool dari lini kedua. Alhasil, Shaqiri yang berlari masuk ke kotak penalti tak terkawal saat menerima sodoran bola Mane. Dengan tenang, Shaqiri menjebol gawang yang dijaga kiper timnas Inggris Jordan Pickford dengan mudah.

Michael Kane membawa Everton kembali setelah memanfaatkan situasi bola mati. Ia mencetak gol pada menit ke-21. Everton bisa saja menyamakan skor andai jegalan Virgil van Dijk di kotak penalti terhadap Dominic Calvert Lewin pada menit ke-26 dianggap pelanggaran. Tapi Mike Dean menyatakan berbeda.

Origi kemudian menjauhkan Liverpool lewat golnya pada menit ke-31, kali ini memaksimalkan umpan Dejan Lovren dari serangan balik. Pesta gol Liverpool berlanjut, masih lewat counter attack, dengan Mane mencatatkan namanya di papan skor menuntaskan umpan Alexander-Arnold. Namun Richarlison menjaga asa Everton saat menyambut operan Bernard dengan tandukan yang menaklukkan kiper Adrian pada menit ketiga injury time babak pertama. Skor 4-2 saat jeda.

Babak kedua, kedua tim tetap menampilkan suguhan sepak bola yang menarik. Bedanya, kali ini tidak ada peluang yang benar-benar matang dan penyelesaian sempurna sampai memasuki menit-menit akhir. Mane mendapatkan bola umpan terobosan pada menit ke-81 dan dalam posisi bebas, tapi tendangannya hanya menyamping ke sisi kanan.

photo
Penyerang sayap Liverpool Sadio Mane bisa saja mencetak hat-trick ke gawang Everton andai lebih tenang. Mane menyumbang satu gol.

Tiga menit berselang, ia kembali mendapatkan peluang serupa. Kali ini, Mane terlambat mengambil keputusan sehingga Pickford dan para pemain Everton berhasil menutup ruang tembaknya.

Hanya berselang detik, giliran Everton melalui Kane punya peluang serupa untuk memperkecil ketertinggalan saat lepas dari jebakan offside. Namun tendangannya hanya melebar tipis ke kiri.

Hingga akhirnya Liverpool memastikan tak mungkin lagi terkejar saat Georginio Wijnaldum mencetak gol pada menit ke-90. Gol berawal dari aksi individu brilian Roberto Firmino, yang masuk pada menit ke-73 menggantikan. Ia mengecoh satu pemain Everton di sisi kiri dan kemudian  melepas operan ke belakang. Wijnaldum menyambutnya dengan melepaskan tendangan menyilang ke tiang jauh. Pickford tak bisa menghalau laju bola yang merobek gawangnya untuk kelima kali.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA