Minggu, 24 Jumadil Awwal 1441 / 19 Januari 2020

Minggu, 24 Jumadil Awwal 1441 / 19 Januari 2020

Tottenham Bangkit dari Kekalahan, Bekuk Burnley 5-0

Ahad 08 Des 2019 00:10 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah

Penyerang Tottenham Hotspur Harry Kane (kiri) merayakan gol keduanya ke gawang Burnley dalam pertandingan Liga Inggris. Tottenham mengalahkan Burnley 5-0.

Penyerang Tottenham Hotspur Harry Kane (kiri) merayakan gol keduanya ke gawang Burnley dalam pertandingan Liga Inggris. Tottenham mengalahkan Burnley 5-0.

Foto: Jonathan Brady/PA via AP
Kemenangan ini menempatkan Tottenham ke posisi lima klasemen sementara Liga Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tottenham Hotspur bangkit dari kekalahan 1-2 melawan Manchester United pada pekan ke-15 Liga Inggris dengan gaya. Tottenham menaklukkan Burnley 5-0 pada laga pekan ke-16 di Stadion Tottenham Hotspur, Sabtu (7/12) malam WIB. Selain kemenangan besar, Tottenham untuk kali pertama mencatatkan clean sheet setelah selalu kebobolan dalam lima laga beruntun di semua kompetisi.

Baca Juga

Kemenangan ini menempatkan Tottenham ke posisi lima klasemen sementara Liga Inggris dengan nilai 23. Posisi tim asuhan Jose Mourinho bisa kembali turun tergantung hasil tim-tim lain di bawahnya. Adapun Burnley berada di peringkat 13 dengan nilai 18.

Jalannya laga

Bermain di kandang, the Lilywhites langsung menggedor pertahanan Burnley sejak awal pertandingan. Tanpa butuh waktu lama, tim asuhan Jose Mourinho langsung mencetak gol pada menit keempat melalui tembakan kaki kanan Harry Kane dari luar kotak 16 saat menerima umpan dari Son Heung-min. Bola yang mengarah ke sudut kiri bawah gawang tak dapat dihentikan oleh Nick Pope.

Semenit kemudian, Harry Kane kembali mengancam gawang Burnley. Namun, beruntung bagi Burnley bola berhasil diblokir Erik Pieters dan hanya menghasilkan tendangan sudut. Percobaan selanjutnya dilakukan oleh Son Heung-min pada menit kesembilan. Namun tendangan kaki kiri Son masih dapat dihentikan oleh Pope.

Sejurus kemudian, gol kedua Tottenham berhasil diciptakan oleh Lucas Moura setelah menyelesaikan umpan dari Dele Alli. Gol tersebut dinilai sah setelah wasit menggunakan VAR.

Burnley bukan tanpa perlawanan. Tuan rumah mampu memberikan ancaman ke gawang Paulo Gazzaniga. Percobaan dilakukan oleh Jay Rodriguez pada menit ke-11 dari luar kotak 16. Namun, tembakan kaki kanan Jay masih belum menemui sasaran.

Pada menit ke-21 Burnley kembali memberikan ancaman saat Robbie Brady melakukan tandukan untuk menyelesaikan umpan dari Dwight McNeil. Namun, sundulan Robbie tersebut masih membentur tiang gawang.

Burnley semakin tertinggal di menit ke-32 saat Tottenham mencetak gol ketiganya melalui sontekan Son dari tengah kotak 16 saat melanjutkan umpan dari Jan Vertonghen.

Meski unggul, Tottenham terus memberikan ancaman ke gawang Nick Pope. Namun, tidak ada gol tambahan hingga turun minum. Babak pertama berakhir dengan skor 3-0, bagi Tottenham.

Pada babak kedua, Tottenham kembali menekan Burnley. Hasilnya pada menit ke-54, Kane berhasil mencetak gol keduanya saat menerima umpan dari Dele Alli di tengah kotak 16. Tottenham pun unggul 4-0 atas Burnley.

Pada menit ke-57 peluang emas didapat Burnley saat mendapat hadiah tendangan bebas. Robbie Brady mengeksekusi tendangan bebas tak jauh dari kotak 16. Namun, tendangan Robbie masih melebar ke sisi kiri gawang.

Kane hampir mencetak gol ketiganya saat melesatkan tendangan ke gawang dari luar kotak 16 pada menit ke-60, saat menerima umpan dari Lucas Moura. Namun, percobaan tersebut berhasil diblokir oleh Pope dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Pelatih Burnley Sean Dyche berusaha memecah kebuntuan dengan melakukan pergantian pemain. Pada menit ke-65, Sean menurunkan Matej Vydra untuk menggantikan posisi Chris wood. Selain itu pada menit ke-71 Aaron Lennon memasuki lapangan untuk mengganti Robbie Brady.

Namun, bukannya Burnley yang memperkecil ketertinggalan. Justru pada menit ke-74 Tottenham berhasil mencetak gol kelima melalui sontekan Moussa Sissoko dari sisi kiri pertahanan Burnley saat menerima umpan dari Harry Kane.

Dua menit kemudian ancaman kembali diberikan Tottenham oleh Dele Alli dengan tembakan kaki kanan dari luar kotak 16 saat menerima umpan dari Son Heung Min. Namun, beruntung bagi Burnley bola yabg mengarah ke sudut kanan bawah berhasil diselamatkan.

Sementara itu, tak ada ancaman berarti yang mampu diberikan Burnley ke gawang Tottenham. Laga pun berakhir dengan kemenangan telak Tottenham dengan skor 5-0 atas Burnley.

Susunan pemain kedua tim:

Tottenham: Paulo Gazzaniga (kiper), Serge Aurier, Davinson Sanchez, Toby Alderwiereld, Jan Vertonghen, Moussa Sissoko, Eric Dier, Lucas Moura, Dele Alli, Son Heung Min, Harry Kane.

Pelatih: Jose Mourinho

Burnley: Nick Pope (kiper), Erik Pieters, Ben Mee, James Tarkowski, Matthew Lowton, Robbie Brady, Jack Cork, Jeff Hendrick, Dwight McNeil, Chris Wood, Jay Rodriguez

Pelatih: Sean Dyche

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA