Minggu, 24 Jumadil Awwal 1441 / 19 Januari 2020

Minggu, 24 Jumadil Awwal 1441 / 19 Januari 2020

MU Kejutkan City, Unggul 2-0 pada Babak Pertama

Ahad 08 Des 2019 01:18 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah

Penyerang Manchester United (MU) Marcus Rashford (kiri) dijatuhkan Bernardo Silva di kotak penalti Manchester City. Rashford mencetak gol untuk MU dari titik penalti.

Penyerang Manchester United (MU) Marcus Rashford (kiri) dijatuhkan Bernardo Silva di kotak penalti Manchester City. Rashford mencetak gol untuk MU dari titik penalti.

Foto: AP Photo/Rui Vieira
Marcus Rashford membawa MU memimpin pada menit ke-23 lewat sepakan penalti.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester United (MU) mengejutkan Manchester City saat kedua tim berhadapan dalam laga derby Manchester di Stadion Etihad. MU untuk sementara memimpin 2-0 saat babak pertama laga pekan ke-16 Liga Inggris berakhir.

Baca Juga

Marcus Rashford membawa MU memimpin pada menit ke-23 lewat sepakan penalti. Anthony Martial memperbesar keunggulan Setan Merah pada menit ke-29.

Jalannya laga

City yang langsung menekan lini pertahanan MU sejak kick-off justru dikejutkan tamunya. Setelah percobaan pertama City tak menghasilkan ancaman berarti, MU mendapatkan peluang emas pertama saat laga baru berlangsung dua menit. Daniel James melepaskan tendangan keras saat menerima operan Fred. Namun, tendangan James masih dapat diamankan oleh kiper City Ederson Moraes.

Sejurus kemudian City melancarkan serangan balik dengan cepat. Namun, percobaan Kevin de Bruyne untuk melepaskan umpan ke kotak penalti tertahan. Bola keluar meninggalkan lapangan pertandingan. Pada menit ketujuh, City kembali memberikan ancaman ke gawang United. Namun, tendangan David Silva masih melebar.

MU fokus bertahan dan memanfaatkan serangan balik, sementara City berusaha memaksimalkan penguasaan bola. Pada menit ke-13 City mencoba menembus gawang MU lewat Gabriel Jesus tapi tendangan lebih dulu diblok sebelum sampai ke gawang David De Gea.

Kedua tim secara bergantian saling jual-beli serangan. Pada menit ke-16 Anthony Martial mendapat peluang emas saat menerima umpan dari James. Namun, tendangan Martial yang mengarah ke sisi bawah gawang berhasil diamankan.

Pada menit ke-19, giliran Jesus yang memberikan ancaman ke gawang United saat menerima umpam dari Kevin de Bruyne. Namun tendangan kaki kanannya lagi-lagi bisa ditahan pertahanan rapat MU.

Pada menit ke-20 United mendapat hadiah penalti setelah wasit melihat rekaman VAR atas pelanggaran yang dilakukan oleh Bernardo Silva kepada Rashford di kotak 16. Badan Silva menahan laju Rashford yang berakselerasi di kotak penalti City. Rashford yang bertindak sebagai eksekutor menyelesaikan tugasnya dengan baik. Ia mengarahkan bola ke kanan, mengecoh Ederson yang melompat ke arah berbeda.

City merespons dengan menaikkan tempo dan melancarkan serangan ke lini pertahanan United. Percobaan dilakukan Bernardo Silva dengan tembakan kaki kanan saat mendapat ruang di kotak 16. Namun, percobaan tersebut berhasil diblokir. Selanjutnya, peluang juga didapatkan Raheem Sterling, namun masih dapat digagalkan.

Serangan City meninggalkan lobang yang bisa diekploitasi MU dengan serangan balik. Dua kali peluang emas didapatkan Rashford. Pada menit ke-25, Rashford yang menerima operan Martial melepaskan tendangan first time, tapi bola sepakannya melebar ke sisi gawang. Dua menit kemudian, kembali lewat serangan balik, percobaan Rashford kali ini masih membentur mistar gawang.

United akhirnya berhasil memperlebar kedudukan pada menit ke-29 melalui gol yang diciptakan Martial. Tembakan Martial dari sisi kiri kitak penalti City mengarah ke sudut bawah tiang dekat tak bisa dijangkau oleh Ederson. MU 2, City 0.

Setelah kebobiolan dua gol, permainan City justru membaik. Serangan City lebih tertata dan pertahanan mereka bisa menutup alur bola lawannya. Beberapa peluang berhasil diciptakan the Citizens. Menit ke-33, Bernardo Silva melesatkan tendangan dengan kaki kiri saat menerima umpan dari Bruyne. Namun, masih bisa diblok pertahanan MU. Selanjutnya, David Silva melesatkan tendangan dari luar kotak 16. Namun kembali bola berhasil diamankan.

Pada menit ke-38 Gabriel Jesus menyelesaikan umpan dari Bruyne dengan tandukan, namun masih belum menemui sasaran. Gagal pada percobaan tersebut, Kevin de Bruyne melepaskan tendangan jarak jauh pada menit ke-40. Namun, tendangan dari luar kotak 16 itu masih belum melebar di atas mistar gawang de Gea.

Memasuki injury time babak pertama, City sempat meminta penalti saat operan Kyle Walker di sisi kiri pertahan MU tertahan oleh tangan Fred di kotak penalti. Tapi wasit Anthony Taylor mengabaikan permintaan penalti dari para pemain City. Babak pertama pun berakhir dengan skor 2-0 bagi United.

Susunan pemain kedua tim:

Manchester City: Ederson Moraes (kiper), Kyle Walker, John Stones, Fernandinho, Angelino, K. De Bruyne, Rodri Hamandez, David Silva, Bernardo Silva, Gabriel Jesus, Raheem Sterling

Pelatih: Pep Guardiola

Manchester United: David de Gea, Aaron Wan Bissaka, Victor Lindelof, Harry Maguire, Luke Shaw, S. McTominay, Frederico Rodrigues, Daniel James, Jesse Lingard, Marcus Rashford, Anthony Martial

Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA