Sabtu, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 Januari 2020

Sabtu, 30 Jumadil Awwal 1441 / 25 Januari 2020

Usai Sumbang Emas, Maria Londa: Ini SEA Games Terakhir Saya

Ahad 08 Des 2019 20:20 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Bayu Hermawan

Atlet lompat jauh Indonesia Maria Natalia Londa menggigit medali emas usai pertandingan lompat jauh putri Sea Games 2019 di Stadion Atletik New Clark, Filipina, Ahad (8/12).

Atlet lompat jauh Indonesia Maria Natalia Londa menggigit medali emas usai pertandingan lompat jauh putri Sea Games 2019 di Stadion Atletik New Clark, Filipina, Ahad (8/12).

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Maria Londa menyumbangkan emas untuk Indonesia dari cabang atletik nomor lompat jauh

REPUBLIKA.CO.ID, CLARK -- Atlet Indonesia, Maria Londa tampil memukau di New Clark City Stadium, Ahad (8/12) malam. Ia berhasil menyumbangkan emas untuk Indonesia dari cabang olahraga atletik nomor lompat jauh puteri pada SEA Games 2019.

Dari enam percobaan, Londa memiliki lompatan terbaik sejauh 6,47 meter. Pencapaianya tak bisa dikejar atlet lain. Ia berterima kasih atas semua dukungan dari seluruh penjuru tanah air. Usai meraih hasil apik di Filipina, atlet 29 tahun itu mengatakan kemungkinan tak bisa lagi memperkuat Indonesia di ajang SEA Games berikutnya.

"Ini bisa menjadi SEA Games terakhir saya," kata Londa.

Namun ia belum memastikan hal itu. Andai belum ada penerusnya, ia masih siap membantu jika diperlukan. Pada intinya, menurut Londa regenerasi diperlukan. Sehingga bisa muncul jawara baru di tahun-tahun mendatang.

"Jika belum ada penerus, saya siap bergabung memotivasi atlet junior," ujar Londa.

Atlet kelahiran Denpasar itu sempat meraih medali perak pada Sabtu (7/12). Saat itu ia turun di nomor lompat jangkit. Ia mengaku masih trauma lantaran pernah mengalami cedera. Ia bersyukur atas semua dinamika dalam karirnya.

"Proses panjang. Terima kasih kepada PB PASI, KOI, KONI, dari kabupaten hingga pusat sudah membantu saya dari proses rehab sampai hari ini, saya bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia," tutur Londa.

Atlet Thailand Agustina Mardika berada di posisi kedua alias peraih perak cabor atletik nomor lompat jauh puteri. Lompatan terbaik Agustina mencapai 6,23 meter. Medali perunggu menjadi milik wakil Vietnam, Mong Mo Vu Thing dengan lompatan terbaik sejauh 6,16 meter.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA