Minggu, 1 Jumadil Akhir 1441 / 26 Januari 2020

Minggu, 1 Jumadil Akhir 1441 / 26 Januari 2020

I Gede Siman Antusias Jalani Winning Meals ‘Kachimeshi’

Selasa 10 Des 2019 00:50 WIB

Red: Gilang Akbar Prambadi

I Gede Siman Sudartawa (tengah) saat menerima medali emas renang nomor 50 meter gaya punggung putra.

I Gede Siman Sudartawa (tengah) saat menerima medali emas renang nomor 50 meter gaya punggung putra.

Foto: DOK PRSI
Sang peraih emas SEA Games 2019 berharap program ini melahirkan para juara.

REPUBLIKA.CO.ID, MANILA - Peraih emas nomor punggung putra di SEA Games 2019 I Gede Siman Sudartawa antusias mengikuti program Winning Meals ‘Kachimeshi’. Program ini digagas oleh sponsor resmi SEA Games 2019, Ajinomoto.

 

Program tersebut berisikan pelatihan untuk menjaga kebugaran dan nutrisi bagi atlet menghadapi pertandingan. Program yang diawasi oleh pelatih dan ahli gizi ini menggandeng para atlet, salah satunya perenang nasional Siman.

 

Kachimeshi bertujuan untuk mempersiapkan atlet menghadapi pertandingan secara terpadu mulai dari pelatihan fisik, hingga bimbingan nutrisi. Program ini diawali di negara Jepang yang menjadi inisiator. Ajinomoto sendiri merupakan perusahaan Jepang pertama yang berkomitmen dan berkontribusi menjadi sponsor resmi berbagai ajang olahraga internasional seperti SEA Games.

 

Di Indonesia, program Winning Meals ‘Kachimeshi’ bertujuan mewujudkan kinerja atlet nasional yang lebih baik agar menjadi juara di kancah internasional. Untuk dukungan pun disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing atlet dan juga disesuaikan dengan porsi latihan yang dijalani, mulai dari kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, dan lainnya. 

 

Program ini dijalankan secara konsisten untuk membentuk performa atlet agar selalu dalam level tertinggi. Hasilnya Siman sukses meraih medali emas renang pertama bagi Indonesia di SEA Games 2019 Filipina dari nomor 50m gaya punggung putra yang digelar di New Clark City Aquatic Arena. 

 

Siman tampil tercepat dengan membukukan waktu 25,12 detik untuk menyingkirkan jawara dari Singapura, Zheng Wen Quah ke peringkat dua dengan margin 0,53 detik atau 25,65 detik yang meraih perak. Menyusul perenang Vietnam, Paul Le Nguyen, yang meraih medali perunggu usai membukukan waktu 25,73 detik. Dengan hasil itu Siman juga memperbaiki rekor SEA Games yang ia ciptakan pada 2017 yaitu 25,20 detik. 

photo
Perenang nasional, I Gede Siman

 

"Ini berkat dukungan tim pelatih, manajer, masseur, sehingga bisa pecahkan rekor. Memang targetnya di 50m karena singkatnya persiapan jadi targetnya di sprinter ini dan bisa meraih emas," kata Siman, Senin (9/12).

 

Presiden Direktur PT Ajinomoto Indonesia  Ichiro Sakakura, sangat antusias menyelenggarakan program global ini. Menurut dia, program tersebut sejalan dengan visi dan misi korporasi yang dipimpinnya untuk terus berkontribusi bagi masyarakat luas. 

 

"Dengan dukungan ini, kami berharap I Gede Siman Sudartawa dalam kondisi prima untuk menjalani berbagai kompetisi renang baik tingkat nasional maupun internasional dan tentunya membawa kemenangan yang membanggakan," ujar dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA