Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Ronaldinho: Messi Bukan Pemain Terbaik Sepanjang Masa

Jumat 13 Dec 2019 19:13 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah

Lionel Messi (kiri) dianggap sebagian pihak pemain sepak bola terbaik sepanjang masa.

Lionel Messi (kiri) dianggap sebagian pihak pemain sepak bola terbaik sepanjang masa.

Foto: EPA-EFE/Alejandro Garcia
Messi menjadi pemain pertama yang mampu mengoleksi enam gelar Ballon d'Or.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Mantan penggawa timnas Brasil dan Barcelona, Ronaldinho, mengaku ikut bangga dengan keberhasilan Lionel Messi meraih trofi Ballon d'Or 2019. Namun, Ronaldinho tidak sepakat dengan adanya anggapan yang menyebut Messi sebagai pemain terbaik sepanjang masa.

Baca Juga

Berkat raihan trofi Ballon d'Or 2019 itu, Messi menjadi pemain pertama yang mampu mengoleksi enam gelar Ballon d'Or. Sebelumnya, pemain berusia 32 tahun itu terpilih sebagai pemain terbak dunia versi France Football tersebut dalam lima edisi, yaitu pada 2009, 2010, 2011, 2012, dan 2015.

Atas torehannya itu, Messi pun melewati koleksi Ballon d'Or milik bintang Juventus, Cristiano Ronaldo. Selama ini, persaingan antara kedua megabintang itu memang kerap menjadi santapan media-media Olahraga internasional. Alhasil, keberhasilan Messi menjadi satu-satunya pemain yang telah mengoleksi enam gelar Ballon d'Or dianggap sebagai penegasan status pemain berusia 32 tahun itu sebagai pemain tebaik sepanjang masa.

Namun, anggapan ini ditolak oleh Ronaldinho. Ronaldinho menyebut, akan sangat sulit buat dirinya untuk menyebut mantan rekan setimnya di Barcelona itu sebagai pemain terbaik di sepanjang sejarah sepak bola.

"Saya ikut senang dengan keberhasilan Messi meraih Ballon d'Or 2019. Kami memiliki hubungan yang baik saat sama-sama membela Barcelona. Namun, saya tidak suka membandingkan satu pemain dengan pemain lain," ujar Ronaldinho, dikutip dari Marca, Jumat (13/12).

Gelandang serang yang mempersembahkan titel Piala Dunia 2002 buat Brasil itu pun menambahkan, ada pemain-pemain lain yang memiliki kualitas yang cukup mumpuni dan layak menyandang status tersebut. Kendati begitu, Ronaldinho lebih senang menyebut Messi sebagai pemain terbaik di eranya saat ini.

"Ada Diego Maradona, ada Pele, ataupun Ronaldo Nazario. Jadi, sangat sulit buat saya untuk menyebut Messi sebagai pemain terbaik di sepanjang sejarah sepak bola. Saya hanya bisa menyebut, Messi sebagai pemain terbaik di eranya," tutur gelandang serang yang dikenal dengan gocekan indah tersebut.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA