Friday, 12 Rabiul Akhir 1442 / 27 November 2020

Friday, 12 Rabiul Akhir 1442 / 27 November 2020

Gattuso Bisa Hadirkan Energi dan Mentalitas Baru Bagi Napoli

Sabtu 14 Dec 2019 02:10 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Gennaro Gattuso

Gennaro Gattuso

Foto: EPA-EFE/DANIEL DAL ZENNARO
Gattuso menunjukkan determinasi dan semangatnya sejak pertama kali hadir di Napoli.

REPUBLIKA.CO.ID, NAPOLI -- Manajemen Napoli akhirnya memutuskan memecat Carlo Ancelotti dan menunjuk Gennaro Gattuso sebagai pelatih tim utama I Partenopei, tengah pekan ini. Sejumlah pihak menilai, langkah manajemen Napoli ini terbilang berani dan penuh risiko.

Pasalnya, jika dibandingkan Ancelotti, Gattuso dianggap belum bisa membuktikan kapasitasnya sebagai pelatih sukses, terutama dari segi raihan trofi. Sejak memulai karier kepelatihan pada 2013, Gattuso telah menukangi enam klub yang berbeda.

Mulai dari Sion di Liga Swiss, hingga terakhir menukangi AC Milan. Namun, hingga kini, Gattuso belum pernah sekali pun berhasil meraih trofi bergengsi. Bisa dibilang, prestasi terbaik Gattuso adalah kala mengantarkan Milan menembus partai final Coppa Italia pada musim 2017/2018.

Kendati begitu, terlepas dari belum adanya catatan raihan trofi, kehadiran Gattuso dinilai bisa menyuntikkan semangat baru buat para penggawa I Partenopei. Hal ini pun diakui oleh penyerang Napoli, Fernando Llorente. Menurut penyerang asal Spanyol itu, Gattuso telah menunjukkan determinasi dan semangatnya sejak pertama kali hadir di sesi latihan Napoli, tengah pekan ini.

Semangat itulah, lanjut Llorente, yang dibutuhkan I Partenopei untuk bisa bangkit di kancah Serie A Liga Italia. ''Gattuso langsung menunjukkan determinasi dan rasa lapar akan kemenangan. Dia bisa banyak membantu kami dalam aspek tersebut. Saya harap, kami bisa segera menunjukkan hal tersebut di laga berikutnya,'' ujar Llorente seperti dikutip Football Italia, Jumat (13/12).

Hal senada diungkapkan kiper Napoli, Alex Meret. Penjaga gawang berusia 22 tahun itu menyatakan, selama dua hari pertamanya di Napoli, Gatusso sudah mampu memberikan dampak signifikan pada semangat dan mentalitas para penggawa Napoli. ''Dia langsung menularkan semangat dan intensitas tinggi dalam dua sesi latihan perdana bersama tim ini. Kompetisi ini belum menyentuh pertengahan musim, jadi kami masih memiliki kesempatan untuk bisa bangkit,'' ujar dia.

Tidak seperti di pentas Liga Champions, yang mampu menorehkan rekor tidak terkalahkan di fase grup dan memastikan satu tempat di babak 16 besar, performa I Partenopei di kancah Serie A pada musim ini memang cukup mengecewakan. Runner-up Serie A musim lalu itu terlempar dari persaingan di lima besar klasemen sementara.

Napoli kerap kehilangan poin dengan terlalu banyak meraih hasil imbang. Dari 15 laga di pentas Serie A, Napoli hanya mengemas lima kemenangan, enam hasil imbang, dan empat kekalahan. Alhasil, Napoli terdampar di peringkat ketujuh dengan raihan 21 poin, dan terpaut tujuh poin dari peringkat keenam.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA