Thursday, 10 Ramadhan 1442 / 22 April 2021

Thursday, 10 Ramadhan 1442 / 22 April 2021

Pemprov Papua Terus Benahi Sistem Akses Informasi PON 2020

Sabtu 14 Dec 2019 19:37 WIB

Red: Andri Saubani

Pekerja menyelesaikan pembangunan venue aquatic PON 2020 di Kampung Harapan Sentani, Jayapura, Papua, Senin (14/10/2019).

Pekerja menyelesaikan pembangunan venue aquatic PON 2020 di Kampung Harapan Sentani, Jayapura, Papua, Senin (14/10/2019).

Foto: Antara/Gusti Tanati
Hampir semua venue PON 2020 telah terjangkau jaringan optik fiber.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) setempat terus berupaya membenahi akses informasi guna mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada 2020 di Bumi Cenderawasih. Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Papua Kansiana Salle, di Jayapura, Sabtu (14/12), mengatakan pembenahan ini salah satunya dengan menyiapkan sistem informasi manajemen PON dan sarana media center.

"Kami sudah antisipasi bagaimana seandainya kejadian seperti force majeure dan sebagainya, untuk itu, akan disiapkan jalur Very Small Aperture Terminal (VSAT) yang fungsinya untuk mem-backup," katanya.

Menurut Kansiana, sebagian besar venue PON di Papua sudah dilewati jalur fiber optik. Kecuali, di sekitar Kabupaten Merauke yang hingga kini masih dalam pengerjaan.

"Kami berharap jaringan internet ini tidak akan bermasalah di kemudian hari," ujarnya.

Dia menjelaskan selain itu, dalam hal penyebaran informasi PON, Diskominfo juga mengajak insan pers terlibat agar mulai persiapan, pelaksanaan hingga selesainya perhelatan event olahraga nasional di Papua ini dapat diketahui seluruh masyarakat dalam negeri hingga mancanegara. Senada dengan Kansiana Salle, Azis Matdoan Wakil Ketua Bidang Humas PB PON Azis, mengatakan, pihaknya hingga kini masih terus melakukan persiapan karena baru mulai bekerja pada Desember 2019.

"Sementara, untuk pelayanan media di PON XX, kami akan membuat kegiatan yang sama tapi mengarah kepada teknis dengan mengundang organisasi wartawan, pimpinan media dan insan pers untuk peliputan perhelatan iven olahraga tersebut," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA