Monday, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 January 2020

Monday, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 January 2020

Liverpool Hanya Diizinkan Pakai Lencana Juara Dunia Sekali

Kamis 26 Dec 2019 14:56 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto

Alisson Becker mengangkat trofi bersama tim Liverpool yang merayakan kemenangan usai laga fina FIFA Club World Cup 2019  antara Liverpool FC melawan CR Flamengo, di Doha, Qatar, Sabtu (21/12) dini hari WIB.

Alisson Becker mengangkat trofi bersama tim Liverpool yang merayakan kemenangan usai laga fina FIFA Club World Cup 2019 antara Liverpool FC melawan CR Flamengo, di Doha, Qatar, Sabtu (21/12) dini hari WIB.

Foto: Kai Pfaffenbach/Reuters
Klub Inggris terakhir yang ditolak memakai lencana juara piala dunia adalah MU.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Klub asal Inggris, Liverpool, akhirnya mendapat izin untuk mengenakan lencana pemenang Piala Dunia Antarklub FIFA pada ajang Liga Primer Inggris. Akan tetapi, the Reds hanya diperbolehkan menggunakan badge tersebut pada partai versus Wolverhampton Wanderes, 29 Desember nanti.

The Reds sebelumnya mengajukan banding ke badan liga segera setelah memenangkan trofi Piala Dunia Antarklub, dengan kemenangan 1-0 dari Flamengo.

Menurut Daily Telegraph, Kamis (26/12), banding tersebut telah berhasil. Klub kota pelabuhan itu diizinkan untuk memakai badge saat bentrokan versus Wolves pada pekan ke-20 Liga Inggris yang berlangsung di Stadion Anfield, Ahad (29/12).

Praktis, pada laga boxing day kontra Leicester City di Stadion King Power, anak asuh Juergen Klopp tak bisa mengenakan seragam yang tertera lencana juara dunia itu. Kini, Liverpool akan berpacu dengan waktu demi mempersiapkan jersey yang diproduksi secara khusus untuk momen spesial di hadapan pendukung sendiri.

Untuk diketahui, bahwa penambahan lencana di jersey tim saat musim tengah berlangsung dilarang oleh badan sepak bola Inggris. Pihak Liga Primer hanya mengizinkan kepada seluruh tim untuk menambahkan lencana apabila hal itu berkaitan dengan amal atau kegiatan sosial lainnya.

Alhasil, tidak ada indikasi apakah Merseyside Merah akan diizinkan untuk mengenakan badge tersebut secara permanen pada 2020 mendatang. Namun, apabila the Reds bermain di luar kompetisi Negeri Ratu Elizabeth, seperti Liga Champions, the Kupites bisa menggunakan lencana juara dunia.

Kesebelasan Inggris terakhir yang ditolak untuk menggunakan lencana juara piala dunia adalah Manchester United (MU) setelah memenangkan Piala Dunia Antarklub 2008. Akan tetapi, situasi berbeda didapat Real Madrid. Los Merengues yang memenangi kejuaraan serupa pada 2016, 2017, dan 2018, diberi izin oleh badan sepak bola La Liga Spanyol untuk mengenakan lencana tersebut.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA