Monday, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 January 2020

Monday, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 January 2020

Andres Iniesta Ingin Kembali ke Barcelona

Jumat 10 Jan 2020 16:02 WIB

Rep: Rizki Suryandika/ Red: Agung Sasongko

Andres Iniesta, Pemain Vessel Koba.

Andres Iniesta, Pemain Vessel Koba.

Foto: EPA-EFE/KIMIMASA MAYAMA
Andres Iniesta memutuskan pindah dari Barcelona pada 2018.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Andres Iniesta berharap akan menjadi pelatih usai pensiun.  Ia pun ingin kembali ke mantan klubnya Barcelona sebagai pelatih.

Mantan gelandang internasional Spanyol itu pernah membuat 674 penampilan untuk Barca sebelum pindah ke klub Jepang Vissel Kobe pada 2018. Selama di Camp Nou, Iniesta membantu Barca meraih sembilan gelar La Liga dan empat  Liga Champions.

"Topik pembinaan (pemain) adalah sesuatu yang saya sukai. Saya ingin sekali kembali ke Barcelona pada satu titik dalam hidup saya, tapi itu situasi hipotetis," kata Iniesta dilansir dari Marca pada Jumat (10/1).

Iniesta mengakui keputusan melatih Barca belum diambil untuk saat ini. Sebab, ia masih ingin merumput di usianya yang tak lagi muda. "Sekarang saya masih menyukai sebagai pemain sepakbola," ujar Iniesta.

Meskipun dia belum memiliki rencana segera untuk pensiun, Iniesta mengakui sudah mendekati akhir karirnya.

"Mari berharap [saya di Jepang] selama bertahun-tahun, tetapi akan ada hari yang harus berakhir. Apakah saya akan pensiun di sini? Saya harap begitu. Saya masih punya dua tahun pada kontrak saya dan saya tidak tahu apakah saya akan memiliki kekuatan untuk melanjutkan [lebih dari itu]. Kita akan lihat nanti," jelas Iniesta.

Iniesta juga membahas spekulasi yang terus-menerus menghubungkan kembalinya Neymar ke Barcelona. Barca pernah gagal dalam upaya menandatangani kembali pemain Brasil itu selama musim panas.

"Dia salah satu penyerang terbaik di luar sana, bukan hanya sekarang saja. Dia akan menjadi pemain yang hebat untuk Barcelona," ucap Iniesta.

Iniesta sempat dikaitkan dengan isu kepindahan ke klub lain dalam beberapa pekan terakhir setelah 18 bulan bersama Kobe. Terlepas dari laporan minat dari tim-tim di MLS, sang playmaker bersikeras bahwa ia senang di klubnya saat ini.

"Saya merasa sangat bahagia saat ini. Saya suka di mana saya berada, saya sangat menikmati tahun ini. Saya tidak punya rencana jangka panjang karena ini bisa berubah dalam hitungan hari. Yang penting bagi saya adalah menjadi bahagia dan bermain sepak bola," tutur Iniesta.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA