Monday, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 January 2020

Monday, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 January 2020

PSG Ditahan Imbang Monaco 3-3

Senin 13 Jan 2020 06:28 WIB

Red: Agung Sasongko

Penyerang PSG Neymar mencetak gol ke gawang Monaco.

Penyerang PSG Neymar mencetak gol ke gawang Monaco.

Foto: EPA-EFE/YOAN VALAT
PSG unggul lebih dulu lewat Neymar di awal-awal laga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih anyar AS Monaco, Robert Moreno, menjalani debutnya dengan menahan imbang tuan rumah Paris Saint-Germain 3-3 dalam laga pekan ke-20 Liga Prancis di Stade des Princes, Minggu waktu setempat.

Dalam laga yang syarat drama itu, tercipta lima gol di babak pertama. PSG unggul lebih dulu lewat Neymar di awal-awal laga, namun Monaco membalasnya lewat dua gol dari kaki Martins dan Wissam Ben Yedder dalam rentang waktu 10 menit.

Gol bunuh diri Ballo Toure menutup babak pertama 3-2 untuk keunggulan PSG. Slimani yang baru masuk di babak kedua, menjadi pahlawan bagi Monaco setelah sontekannya menyamakan kedudukan 3-3.

Debut yang cukup baik dari Robert Moreno, yang menggantikan posisi Leonardo Jardim di AS Monaco sejak akhir Desember 2019, setelah terhindar dari kekalahan atas tim pemuncak klasemen itu.

Raihan satu poin itu membawa Monaco naik satu peringkat ke posisi delapan dengan 29 poin. Sementara bagi PSG (46), membuat mereka gagal menjaga jarak dari Marseille yang menguntit di peringkat dua dengan selisih lima poin.

PSG membuka keran gol lewat aksi Neymar saat laga baru berjalan dua menit. Pemain asal Brasil itu menerobos pertahanan Monaco untuk menerima umpan matang Marco Verrati. Tanpa hambatan ia membuat seisi stadion bergemuruh lewat gol pembuka.

Namun dalam rentang 10 menit, Monaco membalas dua gol untuk membalikkan kedudukan lewat aksi Gelson Martins dan Wissam Ben Yedder.

Gol penyama kedudukan tercipta saat memasuki menit ke-7. Gelson Balde dengan mudah menyambar bola liar hasil perebutan antara Wissam Ben Yedder dan kiper Keylor Navas.

Sementara gol kedua Monaco lahir lewat skema serangan balik cepat Keita-Golovin. Keita yang mendapat ruang berlari memberikan umpan kepada Wissam Ben Yedder untuk dikonversikan menjadi gol lewat sepakan mendatar.

Monaco memiliki peluang untuk membuat skor menjadi 3-1 pada menit ke-21. Sayang, sepakan Keita yang menerima umpan Ben Yedder terlalu lemah dan mampu diamankan Navas, padahal posisi Keita sangat menguntungkan.

PSG yang tak ingin kalah di kandang terus mengurung lini pertahanan dan berhasil membuat pemain Monaco turun untuk menyisakan Gelson Martins di depan.

Lewat kecepatan Neymar dan Mbappe ditopang bukaan ruang Icardi membuat bek Monaco harus bekerja keras membendung serangan-serangannya.

Upaya PSG berbuah manis kala memasuki menit ke-24. Bola hasil sepakan Neymar diblok bek lawan dan bola membentur kaki Ballo Toure dan berubah arah masuk ke gawang sendiri.

Kamir Glik hampir membawa Monaco kembali unggul, jika saja sundulannya menerima sepakan sudut Fabregas tidak membentur mistar gawang dan bola ke luar lapangan.

Empat menit jelang babak pertama berakhir, Neymar kembali mencatatkan namanya di papan skor lewat titik putih sekaligus membawa PSG kembali memimpin. Babak pertama berakhir 3-2 untuk keunggulan PSG.

Peluang berbahaya di babak kedua baru terjadi saat memasuki menit ke-53. Kecerdikan Di Maria yang mampu melewati pemain Monaco serta melihat posisi Neymar yang kosong, berniat untuk mengirim umpan silang mendatar. Akan tetapi, bola lebih dekat mengarah ke kiper sehingga langsung diamankan.

Moreno tak ingin memberikan tiga poin secara cuma-cuma untuk tuan rumah. Ia bereaksi dengan memasukan Islam Slimani menggantikan Cesc Fabregas.

Dalam jangka waktu empat menit, pemain pinjaman dari Leicester City itu langsung mengancam gawang PSG. Sepakannya di dalam kotak penalti menyamping tipis dari mulut gawang Navas.

Tak butuh lama bagi Slimani sejak ia masuk untuk mengubah skor menjadi imbang 3-3. Berawal dari aksi Martins yang mengecoh dua bek PSG di menit ke-70, ia kemudian mencoba untuk melepaskan tendangan. Bola malah menyentuh kaki Marquinhos dan memudahkan Slimani untuk menyonteknya.

Wasit sempat berkonsultasi dengan VAR untuk memastikan posisi Slimani tidak Offside. Tak butuh lama, wasit tetap mensahkan gol tersebut.

Pelatih PSG langsung bereaksi dengan memasukan tiga pemain yakni Paredes, Sarabia, dan Cavani untuk menambah daya gedor. PSG pun terus mengurung pertahanan Monaco, namun hingga peluit panjang skor tetap imbang 3-3.

Berikut susunan pemain:

PSG (4-2-2-2): Keylor Navas; Juan Bernat, Thiago Silva, Marquinhos, Thomas Meunier; Marco Verratti (Paredes), Idrissa Gueye; Neymar, Angel Di Maria (Sarabia); Kylian Mbappe, Mauro Icardi (Cavani).

Pelatih: Thomas Tuchel

MONACO (4-3-3): Benjamin Lecomte; Fode Ballo-Toure, Guillermo Maripan, Kamil Glik, Benjamin Henrichs; Aleksandr Golovin, Cesc Fabregas (Islam Slimani), Tiemoue Bakayoko; Keita Balde, Wissam Ben Yedder (Silva), Gelson Martins (Ruben Aguilar).

Pelatih: Robert Moreno

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA