Monday, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 January 2020

Monday, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 January 2020

Barcelona Pecat Pelatih Ernesto Valverde

Selasa 14 Jan 2020 05:51 WIB

Red: Israr Itah

Ernesto Valverde dipecat dari kursi pelatih Barcelona.

Ernesto Valverde dipecat dari kursi pelatih Barcelona.

Foto: EPA-EFE/ALEJANDRO GARCIA
Posisi Valverde digantikan oleh Quiquie Setien.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Barcelona resmi memecat pelatih Ernesto Valverde. Posisi Valverde digantikan oleh Quiquie Setien. Pemecatan Valverde diumumkan Barcelona pada Selasa (14/1) pagi WIB.

"Kesepakatan antara FC Barcelona dan Ernesto Valverde untuk mengakhiri kontraknya sebagai manajer tim utama. Terima kasih atas segalanya, Ernesto. Semoga sukses di masa depan," tulis pernyataan Barcelona via Twitter resmi klub.

Pemecatan Valverde dilakukan setelah melalui rapat panjang pada Senin. Hingga akhirnya menjelang tengah malam atau Selasa pagi WIB, Barcelona mengumumkan secara resmi pemecatan Valverde, disusul penunjukan mantan pelatih Real Betis Quique Setien sebagai penggantinya.

"FC Barcelona dan Quique Setien telah mencapai kesepakatan untuk yang terakhir menjadi pelatih tim utama hingga 30 Juni 2022," kata juara Spanyol itu dalam sebuah pernyataan.

Valverde yang berusia 55 tahun, yang memimpin Barcelona meraih gelar La Liga berturut-turut pada 2018 dan 2019, mendapat kecaman musim ini karena penurunan kinerja tim. Padahal Barcelona berada di puncak klasemen Liga Spanyol pada pertengahan musim. 

Valverde memenangkan Copa del Rey pada 2018 setelah ditunjuk pada 2017. Barcelona memimpin klasemen dengan 40 poin, di atas Real Madrid yang berada di urutan kedua dengan keunggulan selisih gol.

Barcelonaa juga masuk ke 16 besar Liga Champions, di mana mereka akan menghadapi Napoli.

Meskipun ia memiliki rekor domestik yang hebat, posisi Valverde dilemahkan oleh kegagalannya memenangkan Liga Champions. Barcelona dua musim berurutan dihentikan AS Roma pada 2018 dan Liverpool pada 2019 setelah unggul tiga gol dalam setiap pertandingan.

Posisi Valverde makin melemah setelah Barcelona bermain imbang 2-2 dalam derbi Katalunya kontra Espanyol. Kekalahan 2-3 dari Atletico Madrid di semifinal Piala Super Spanyol tampaknya menjadi puncak kesabaran manajemen yang kemudian memutuskan memecatnya.

Valverde adalah pelatih pertama yang dipecat Barcelona di tengah musim sejak Louis van Gaal mengalami serupa pada Januari 2003. Ketika itu, Van Gaal diberhentikan karena Barcelona berada di urutan ke-12 di klasemen.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA