Saturday, 20 Rabiul Akhir 1442 / 05 December 2020

Saturday, 20 Rabiul Akhir 1442 / 05 December 2020

Pecat Valverde, Tren Barcelona Selama 17 Tahun Terpatahkan

Selasa 14 Jan 2020 15:34 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto

Ernesto Valverde

Ernesto Valverde

Foto: EPA-EFE/ALEJANDRO GARCIA
Pelatih terakhir yang dipecat Barca adalah Louis van Gaal pada 26 Januari 2003.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu mematahkan tren di Barca yang bertahan selama 17 tahun usai memecat pelatih Ernesto Valverde. Dikutip dari AS, Selasa (14/1), pelatih terakhir yang dipecat Barca adalah Louis van Gaal pada 26 Januari 2003.

Saat itu, Van Gaal membuat Barca tertinggal 20 poin di belakang pemimpin klasemen La Liga Spanyol, Real Sociedad, dan hanya tiga poin jaraknya dengan zona degradasi dengan menempati posisi 12 klasemen.

Bukan itu saja, Barca juga harus tersingkir dari Copa del Rey usai kalah oleh klub sekelas Novelda. Balik ke Van Gaal. Radomir Antic saat itu mengambil alih peran Van Gaal.

Antic menandatangani kontrak selama lima bulan, walaupun Antonio de la Cruz mengambil tanggung jawab pada dua pertandingan.

Kemudian sejak saat itu, setiap pelatih Barca meninggalkan tugas karena kontraknya habis, yakni Frank Rijkaard, Pep Guardiola, Martino (membawa Tito Vilanova sebagai pengganti), dan Luis Enrique.

Di sisi lain, Valverde, yang mempersembahkan dua gelar liga, meninggalkan klub saat La Blaugrana memimpin klasemen La Liga Spanyol.

Barca, yang seolah tak butuh lagi gelar domestik, menjadikan Liga Champions sebagai target utama. Namun sayang, di bawah tangan Valverde, Barca dua kali gagal di fase gugur. Kekalahannya pun menyakitkan.

Baca Juga

La Blaugrana menang telah di kandang, lalu tumbang dengan skor besar saat bertandang ke AS Roma dan Liverpool. Kegagalan di Piala Super Spanyol pun jadi titik balik karier Valverde di Camp Nou.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA