Friday, 4 Rajab 1441 / 28 February 2020

Friday, 4 Rajab 1441 / 28 February 2020

Butet Beri Saran untuk Tontowi/Apriyani

Sabtu 18 Jan 2020 07:00 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Reiny Dwinanda

Pebulu tangkis ganda campuran Tontowi Ahmad (kiri) dan rekannya Apriyani Rahayu mengembalikan kok kearah lawannya asal Inggris Chris Adcock dan Gabrielle Adcock dalam pertandingan babak 16 besar Daihatsu Indonesia Masters 2020 di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (16/1/2020).

Pebulu tangkis ganda campuran Tontowi Ahmad (kiri) dan rekannya Apriyani Rahayu mengembalikan kok kearah lawannya asal Inggris Chris Adcock dan Gabrielle Adcock dalam pertandingan babak 16 besar Daihatsu Indonesia Masters 2020 di Istora Senayan, Jakarta, Kamis (16/1/2020).

Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Butet menyemangati Tontowi/Apriyani yang terhenti di putaran dua Indonesia Masters.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan pebulutangkis Indonesia Liliyana Natsir memberi wejangan pada mantan kompatriotnya di ganda campuran, Tontowi Ahmad. Meskipun sudah tak lagi menjadi atlet, ia menyatakan masih peduli pada atlet yang akrab disapa Owi itu.

Tontowi saat ini masih aktif bermain dan kini berpasangan dengan Apriyani Rahayu. Tontowi/Apriyani memulai debut mereka di Daihatsu Indonesia Masters 2020, namun terhenti di putaran kedua.

Liliyana yang akrab disapa Butet menilai, mental dan kualitas individu Apriyani sudah berada di level tinggi. Apriyani yang juga memperkuat ganda putri bersama Greysia Polii dinilai Butet masih perlu banyak belajar.

“Apri kan sudah ada di top level, jadi seharusnya nggak sulit untuk mengimbangi. Tapi pola main ganda putri dan ganda campuran kan beda,” kata Butet.

“Biasanya kan dia main di belakang dan angkat bola nggak apa-apa. Nah, kalau di ganda campuran bukan nggak boleh angkat bola, tapi harus diminimalisir. Prosesnya nggak mungkin instan, sabar, ikut prosesnya,” ujar Butet melanjutkan.

Butet juga menyemangati Apriyani yang tentu pernah dibanding-bandingkan dengannya sebagai mantan pasangan Tontowi. Butet meminta hal tersebut tak dijadikan tekanan oleh Apriyani.

"Pesan saya buat Apri, ambil positifnya saja. Mungkin ekspektasi orang tinggi. Jangan dijadikan beban. Tunjukkan saja, apa yang kurang, bisa Apri perbaiki,” ucapnya.

Selain itu, Liliyana juga menyoroti performa Tontowi yang sebelumnya berpasangan dengan pemain muda, Winny Oktavina Kandow.

“Kalau saya sekarang lebih ke Owi sih, bisa nggak ngejar yang top-top dunia? Jangan selalu dilihat siapa partner-nya, Owi-nya sendiri juga harus sadar, dia masih punya motivasi nggak? Latihannya masih bagus seperti dulu nggak? Nggak bisa dipungkiri usia kan juga berpengaruh,” ujar dia.

Namun, Butet tetap menyemangati dan mendukung tim ganda campuran Indonesia sepenuhnya. Dia juga mencermati hasil di Daihatsu Indonesia Masters 2020 yang kurang maksimal setelah Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti dikalahkan ganda campuran Perancis, Thom Gicquel/Delphine Delrue.

“Memang saat ini kekuatan ganda campuran mulai merata. Tapi hasil ini menjadi peringatan buat Praveen/Melati, mereka sekarang ada di level mana? Memang sekarang yang dibutuhkan itu adalah tampil konsisten,” katanya.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA