Saturday, 28 Jumadil Akhir 1441 / 22 February 2020

Saturday, 28 Jumadil Akhir 1441 / 22 February 2020

Klopp: Perubahan Jadwal Piala Afrika 2021 Rugikan Klub Eropa

Sabtu 18 Jan 2020 08:39 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Christiyaningsih

Pelatih Liverpool Jurgen Klopp mengeluhkan perubahan jadwal Piala Afrika 2021. Ilustrasi.

Pelatih Liverpool Jurgen Klopp mengeluhkan perubahan jadwal Piala Afrika 2021. Ilustrasi.

Foto: AP Photo/Dave Thompson
Pelatih Liverpool Jurgen Klopp mengeluhkan perubahan jadwal Piala Afrika 2021

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Liverpool Jurgen Klopp mengeluhkan jadwal Piala Afrika 2021 yang akan di gelar pada 9 Januari hingga 9 Februari 2021. Menurutnya perubahan jadwal itu akan menjadi bencana bagi klub-klub Eropa yang menghadapi jadwal padat di liga domestik pada waktu yang sama. Jadwal yang berbenturan itu menyebabkan beberapa klub besar kehilangan pemain andalan mereka.

Liverpool dipastikan akan kehilangan Sadio Mane, Mohamed Salah, dan Naby Keita selama satu bulan. Di samping itu, Klopp juga mengkritisi FA, Liga Premier, dan Liga Sepakbola Inggris karena ketidakmampuan mereka untuk menyetujui kalender domestik yang sesuai selama Natal dan sering mengkritik UEFA dan FIFA karena terus menambah jadwal pertandingan. Hal ini, kata dia, terbukti dengan peningkatan cedera otot pada pemain dengan profil tinggi baru-baru ini.

"Aku mendengar tentang Harry Kane, dia mungkin tidak berada di Euro," kata Klopp dikutip dari Telegraph, Jumat (17/1).

"Untuk pertama kalinya beberapa orang Inggris di FA mungkin berpikir, 'oh, mungkin terlalu banyak pertandingan?' Mereka harus mulai memikirkannya. Kesejahteraan para pemain yang tidak seorang pun pikirkan. Ini adalah hal yang sangat penting," tambah dia.

Menurutnya semua federasi mulai dari FIFA, UEFA dan FA, atau federasi sepak bola di semua negara harus duduk bersama untuk menyelesaikannya. Klopp menilai saat ini FIFA memutuskan hal-hal tanpa berbicara dengan UEFA dan UEFA begitu pula sebaliknya. Ini membuat Liga Champions lebih besar dan kemudian tidak ada yang berbicara satu sama lain.

"Selama tidak ada perubahan, saya akan mengatakannya sepanjang waktu. Karena itu adalah tentang para pemain, bukan satu detik pun tentang saya. Banyak hal untuk disortir tetapi semua orang ini tidak pernah menemukan waktu untuk duduk di satu meja dan membuat jadwal umum. Semua permainan berbeda untuk dimainkan dan tidak ada istirahat untuk para pemain," jelas Klopp.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA