Sunday, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 February 2020

Sunday, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 February 2020

Liverpool Gasak Manchester United 2-0

Senin 20 Jan 2020 01:35 WIB

Rep: Ali Mansur/ Red: Yudha Manggala P Putra

Mo Salah mencetak gol kedua Liverpool pada laga Liverpool melawan Manchester United di Anfield Stadium, Liverpool, Senin (20/1) dini hari.

Mo Salah mencetak gol kedua Liverpool pada laga Liverpool melawan Manchester United di Anfield Stadium, Liverpool, Senin (20/1) dini hari.

Foto: Phil Noble/Reuters
Liverpool tak terbendung di puncak klasemen dan belum terkalahkan di Liga Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Liverpool sukses menggasak Manchester United dengan skor 2-0 pada lanjutan Liga Inggris di Stadion Anfield, Senin (20/1) dini hari WIB. Dua gol kemenangan The Reds masing-masing dicetak Virgil van Dijk dan Mohamed Salah di injury time babak kedua.

Baca Juga

Kemenangan ini membuat anak asuhan Jurgen Klopp di puncak klasemen sementara semakin tidak terbendung. Setelah dua pesaing terdekatnya, Manchester City dan Leicester City tidak mendapatkan hasil positif pada pekan ini.

Bermain di depan pendukungnya sendiri, The Reds langsung tancap gas sejak menit awal babak pertama. Hanya butuh 14 menit, The Reds berhasil menjebol gawang Red Devil lewat sundulan bek tangguh Virgil van Dijk. Kali ini lewat skema tendangan penjuru Alexander-Arnold dari sisi kiri. Dengan tinggi badanya, Virgil memenangkan duel lawan Harry Maguire, bola pun meluncur deras ke dalam gawang. Skor 1-0 untuk keunggulan sementara tim tuan rumah.

Unggul satu gol tak membuat Liverpool mengendorkan serangannya. Pasukan Jurgen Kloop enggan memberi nafas pada lawannya, gempuran terus dilakukan. Saat laga menginjak menit ke-25, Firminho nyaris menggandakan keunggulan usai tendangan placing-nya menjebol gawang David de Gea. Beruntung gol tidak disahkan usai wasit meninjau VAR, Virgil dianggap mengganggu David de Gea yang hendak menghalau bola.

Lagi-lagi Liverpool nyaris mencetak gol keduanya. Menit ke-35 Georginio Wijnaldum yang berhasil menerobos ke sisi kanan kotak 16 sukses menyodorkan bola ke dalam gawang sisi kiri, setelah memanfatkan sodoran Alex Oxlade-Chamberlain. Sayang wasit tidak mengesahkannya sebagai gol usai hakim harus terlihat mengangkat bendera tanda offside.

Setelah jeda turun minumnya nampaknya Liverpool ingin segera menyelesaikan laga dengan langsung tancap gas sejak menit awal babak kedua. Sejumlah peluang diciptakan bertubi-tubi membuat lini pertahanan MU kelabakan. Salah satunya menit 49 lewat percobaan dari Jordan Henderson dengan memanfaatkan umpan Mane. Tapi sayang upayanya masih belum menemui sasaran.

Tidak ingin terus menerus digempur, MU keluar dari tekanan dan melancarkan serangan balik cepat. Pada menit ke-59 MU mendapatkan peluang pertamanya di babak kedua lewat Anthony Martial. Sangat disayangkan, tendangan dari jarak dekat pemain tim nasional Prancis itu masih tipis di atas mistar gawang. Juga usahanya di menit ke-67 yang masih bisa diselamatkan. 

Setelah permainan semakin terbuka, kedua tim melakukan beberapa pergantian. Namun hingga menit-menit akhir tak ada gol yang tercipta meski jual beli serangan selalu terjadi.

Akhirnya pada menit 90+3 Liverpool berhasil menggandakan keunggulan lewat serangan cepat Mohammed Salah. Pemain tim nasional Mesir menyisir sisi kanan pertahanan MU tanpa bisa dihentikan pemain belakang. Ketika mendekati gawang, Salah menyodorkan bola dengan kaki kirinya melewati David de Gea. Liverpool menyudahi laga dengan kemenangan 2-0.

Dengan kemenangan ini Liverpool sukses memperlebar jarak dengan pesaing terdekatnya, Manchester City dan Leicester City di peringkat dua dan tiga klasemen sementara Liga Inggris. Liverpool berhasil mengumpulkan 64 pin dari 21 kemenangan dan satu kali seri, unggul 16 poin dari Manchester City tepat di bawahnya.

Sementara meski menelan kekalahan, Manchester United tetap berada di peringkat lima dengan koleksi 34 poin dari sembilan kali menang, tujuh kali imbang, dan 6 kalah. Perolehan poin mereka sama dengan Wolverhampton Wanderers yang bertengger di peringkat enam klasemen sementara Liga Inggris.

Susunan pemain:

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andy Robertson; Alex Oxlade-Chamberlain, Jordan Henderson, Georginino Wijnaldum; Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane.

Pelatih: Jurgen Klopp

Manchester United (4-2-3-1): David de Gea; Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindelof, Harry Maguire, Luke Shaw; Fred, Nemanja Matic; Daniel James, Andreas Pereira, Brandon Williams; Anthony Martial.

Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer (Ali Mansur)


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA