Friday, 4 Rajab 1441 / 28 February 2020

Friday, 4 Rajab 1441 / 28 February 2020

Enam Stadion yang Disetujui FIFA untuk Piala Dunia U-20

Kamis 23 Jan 2020 17:06 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanudin/ Red: Agung Sasongko

Foto udara Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (25/10/2019).

Foto udara Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (25/10/2019).

Foto: Antara/Zabur Karuru
FIFA pun mewajibkan adanya lima latihan memadai di sekitar stadion.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI resmi mengumumkan keputusan FIFA terkait stadion yang akan dipakai untuk Piala Dunia U-20 2021. Sebanyak enam stadion di pulau Jawa dan Bali akan menjadi arena kejuaraan sepakbola muda terbesar sejagad itu. 

Baca Juga

FIFA menyetujui pengajuan arena yang diusulkan panitia, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Manahan (Solo), Stadion Mandala Krita (Yogyakarta), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion I Wayan Dipta (Bali).

Penyelenggara pun dinyatakan wajib menyiapkan setidaknya lima lapangan latihan yang memadai di sekitar stadion. Lebih lanjut Gatot mengatakan, FIFA menetapkan syarat minimal 10 ribu penonton di setiap pertandingan mulai dari babak penyisihan. 

"Stadion besar seperti GBK harus diatur agar tidak terlihat sepi jika penonton hanya mencapai 10 ribu," kata Sekretaris Kemenpora, Gatot S Dewa Broto dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Kamis (23/1). 

Di bulan Januari 2021, FIFA pun akan melaksanakan drawing peserta. Pulau Bali direncanakan menjadi titik undian tim. FIFA juga sudah menentukan tanggal pelaksanaan turnamen, yakni mulai 24 Mei-12 Juni 2021. 

Ajang sepakbola muda sejagad itu akan digelar hampir dua pekan setelah Hari Raya Idul Fitri 1442 H (14 Mei). Gatot mengatakan, panitia sempat ingin mengundur Piala Dunia U-20 lebih jauh lagi.

"Sebelumnya penyelenggara ingin mengundur jadwal pelaksaan hingga ke bulan Juli, namun ditolak FIFA karena ada perhelatan fifa club world cup di cina dan kompetisi sepakbola eropa yang mulai bergulir," ujar dia. 

Ia menyampaikan, panitia harus bersiap-siap mengadakan hitung mundur sebagai sosialiasi, satu tahun sebelum pelaksanaan. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA