Friday, 4 Rajab 1441 / 28 February 2020

Friday, 4 Rajab 1441 / 28 February 2020

Arsenal Buru Bek Shakhtar Donetsk

Jumat 24 Jan 2020 01:00 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Agung Sasongko

bek tengah Shakhtar Donetsk, Mykola Matviyenko,

bek tengah Shakhtar Donetsk, Mykola Matviyenko,

Foto: EPA-EFE/SERGEY DOLZHENKO
Arsenal membutuhkan tenaga baru di lini belakang.

REPUBLIKA.CO.ID,  LONDON -- Arsenal dikabarkan tengah berusaha merekrut bek tengah Shakhtar Donetsk, Mykola Matviyenko, pada bursa transfer pemain Januari kali ini. Bahkan, agen Matviyenko, Yuriy Danchenko, mengklaim, telah bertemu dan melakukan pembicaraan dengan perwakilan Arsenal terkait kemungkinan kepindahan kliennya tersebut.

Tidak hanya itu, Danchenko menyebut, perwakilan The Gunners juga telah menghubungi manajemen Shakthar Donetsk guna melakukan negosiasi terkait kepindahan bek tengah berusia 23 tahun tersebut. Danchenko berharap, negosiasi itu bisa segera menemui titik terang.

''Dalam beberapa hari terakhir, saya dan kolega saya terus melakukan kontak secara konstan dengan perwakilan Arsenal, dan kami telah melakukan beberapa kali pertemuan. Perwakilan Arsenal itu juga telah menghubungi pihak klub (Shakthar Donetsk). Kami berharap, negosiasi itu berjalan dengan sukses,'' tutur Danchenko seperti dikutip Daily Mail, Kamis (23/1).

Danchenko menambahkan, berdasarkan pertemuan dengan perwakilan Arsenal, tim asal London Utara itu berharap bisa segera mendapatkan tanda tangan bek tengah asal Ukraina tersebut, setidaknya pada bursa transfer musim dingin kali ini.

''Shakhtar jarang sekali melepas pemain hasil akademinya ke salah satu klub besar Eropa. Jadi, kepindahan ini akan sangat signifikan buat kedua klub. Arsenal berharap bisa segera menyelesaika kepindahan ini setidaknya pada bursa transfer musim dingin kali ini,'' tutur Danchenko.

Matviyenko memang merupakan salah satu produk akademi klub asal Ukraina tersebut. Tampil apik di tim junior, Matviyenko mampu menembus tim utama Donetsk pada 2015 silam. Sempat dipinjamkan ke Karpaty dan Vorlska, Matviyenko akhirnya kembali memperkuat tim utama Donetks pada musim 2018/2019 dan sukses mengantarkan Donets meraih titel Liga Utama Ukraina.

Namun, performa Matviyenko mampu membetot perhatian sejumlah klub Eropa justru saat tampil bersama timnas Ukraina. Meski baru berusia 23 tahun, tapi Matviyenko menjadi andalan di timnas Ukraina dan telah mengemas 26 caps. Bahkan, di tujuh laga terakhir bersama timnas, Matviyenko mampu membawa Ukraina mencatatkan clean sheet.

Di sisi lain, Arsenal dinilai memang tengah membutuhkan tenaga baru di lini belakang. Selain untuk menggantikan peran Calum Chambers, yang mengalami cedera, kehadiran bek tengah baru diharapkan bisa menjadi alternatif dan memperkaya opsi pemilihan pemain, selain David Luiz dan Shokdran Mustafi.

Namun, Arsenal bukan satu-satunya tim asal Inggris yang dikabarkan tertarik merekrut Matviyenko. Manchester City, yang berhadapan dengan Shakhtar Donetsk di pentas Liga Champions, juga dikabarkan kepincut dengan performa Matviyenko.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA