Tuesday, 14 Sya'ban 1441 / 07 April 2020

Tuesday, 14 Sya'ban 1441 / 07 April 2020

Ketua Umum PSSI: Komposisi Pemain Timnas U-19 Belum Final

Senin 20 Jan 2020 19:04 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah

Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan (kanan) melepas para pemain Timnas Usia 19 yang akan berlatih ke Thailand di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (20/1/2020).

Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan (kanan) melepas para pemain Timnas Usia 19 yang akan berlatih ke Thailand di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (20/1/2020).

Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Bakal ada perombakan jika tim pelatih menemukan beberapa pemain berkualitas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan melepas 28 pemain timnas U-19 yang akan mengikuti pemusatan latihan (TC) dan laga uji coba di Chiang Mai, Thailand, selama dua pekan. Pria yang akrab disapa Iwan Bule ini mengantar langsung keberangkatan Amiruddin Bagas Kaffa dan kawan-kawan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (20/1).

Baca Juga

Iwan mengatakan, 28 pemain yang diboyong ke Thailand ini lolos seleksi yang dilakukan di Cikarang, Jawa Barat. Sebelumnya, jajaran pelatih timnas telah menggelar seleksi pemain di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang selama lima hari. Dari 59 pemain, hanya 28 yang terpilih. Ini merupakan rangkaian persiapan menjelang Piala AFF U-19 2020, Piala Asia U-19 2020 dan Piala Dunia U-20 2022.

"Mereka akan melakukan pelatihan atau uji coba dengan beberapa tim yang ada di Thailand. Ini seleksi yang dilakukan tim kepelatihan di mana ada coach Shin Tae Yong dan Indra Sjafri," kata pria yang akrab disapa Iwan Bule itu di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (20/1).

Namun, Iwan mengatakan, skuat yang ada saat ini belumlah final. Tentunya, kata dia, bakal ada perombakan jika tim pelatih menemukan beberapa pemain berkualitas, termasuk dari skuat Garuda Select. "Tentunya TC ini jadi perhatian dari pelatih karena ini belum baku juga. Bisa bertambah atau berkurang nantinya," kata dia.

Selain melihat perkembangan dari 28 pemain tersebut, PSSI juga akan memantau pemain yang saat ini sedang mengikuti program Grauda Select. "Nanti saya dan pelatih akan ke Birmingham untuk melihat Garuda Select yang sedang berlatih tanding di sana. Sehingga masih akan ada perubahan dan lihat perkembangan dari Thailand untuk bisa menjadi komposisi baku, masih ada waktu," ujar dia.

Iwan mengaku telah memberikan kepercayaan penuh pada tim kepelatihan. Terutama kolaborasi antara Shin Tae-yong dan Indra Sjafri. Bahkan, Iwan mengaku selalu berkomunikasi dengan Indra Sjafri untuk menanyakan perkembangan para pemain. Sehingga, Iwan selalu mendapat laporan tentang perkembangan di lapangan.

"Mungkin tiap hari saya menanyakan perkembangan baik dari makan, stadion, kemudian isu-isu yang tidak bagus yang datang kepada kami bahwa katanya Shin Tae Yong tertekan dengan pemilihan pemain dan ternyata tidak ada," kata Iwan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA