Sunday, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 February 2020

Sunday, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 February 2020

MU Didenda Rp 355 Juta Buntut Insiden Keributan di Anfield

Sabtu 25 Jan 2020 06:33 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto

Bek Liverpool Virgil van Dijk (tengah) mencetak gol ke gawang Manchester United lewat sundulan pada laga lanjutan Liga Primer Inggris di Anfield, Liverpool, Ahad (19/1).

Bek Liverpool Virgil van Dijk (tengah) mencetak gol ke gawang Manchester United lewat sundulan pada laga lanjutan Liga Primer Inggris di Anfield, Liverpool, Ahad (19/1).

Foto: EPA/Peter Powell
MU gagal meyakinkan pemainnya untuk bersikap secara pantas dalam insiden itu.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Manchester United (MU) didenda oleh Federasi Sepak Bola Inggris (FA). Ini buntut protes keras pemain MU terhadap wasit saat laga kontra Liverpool akhir pekan lalu.

MU harus bayar 20 ribu pound atau Rp 355 juta ke FA karena insiden pada pertandingan yang berakhir dengan skor 2-0 untuk kemenangan Liverpool tersebut. Saat itu, pemain MU mengerubungi wasit Craig Pawson, setelah Roberto Firminho mencetak gol pada babak pertama di Anfield. Namun, proses gol itu diawali dari pelanggaran Virgil van Dijk terhadap David de Gea saat membangun serangan.

Gol tersebut kemudian dianulir wasit setelah melihat ulasan VAR. "Manchester United FC telah didenda sebesar 20 ribu pound setelah mengakui pelanggaran aturan FA E20 dan menerima hukuman standar," jelas FA dalam sebuah pernyataan dikutip dari Sky Sports, Jumat (24/1).

Menurut FA, MU gagal meyakinkan pemainnya untuk bersikap secara pantas dalam insiden pada menit 26 tersebut. Bahkan, De Gea harus menerima kartu kuning karena protes kerasnya terhadap Pawson. Meski sikap De Gea memang wajar, karena saat ia sudah memegang bola, tapi Van Dijk tetap mengganggunya. Sehingga bola terlepas dan diambil Sadio Mane yang kemudian memberikannya ke Firminho.

Pelatih MU Ole Gunnar Solskjaer pun tak ingin banyak komentar atas insiden tersebut. Ia menerima keputusan itu karena pada akhirnya gol Firminho dianulir. Tapi ia menegaskan kalau Van Dijk memang melakukan pelanggaran. "Mungkin saya tak seharusnya banyak komentar. Saya bereaksi karena semua orang bisa melihat itu pelanggaran," tegasnya.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA