Sunday, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 February 2020

Sunday, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 February 2020

Kalah dari Valencia, Posisi Barca di Puncak La Liga Terancam

Ahad 26 Jan 2020 00:19 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Andri Saubani

Striker Valencia, Maximiliano Gomez (kanan) merayakan gol ke gawang Barcelona pada laga La Liga di Mestalla, Sabtu (25/1). Valencia menang 2-0.

Striker Valencia, Maximiliano Gomez (kanan) merayakan gol ke gawang Barcelona pada laga La Liga di Mestalla, Sabtu (25/1). Valencia menang 2-0.

Foto: EPA/Juan Carlos Cardenas
Barca kalah 0-2 dari Valencia pada laga di Stadion Mestalla.

REPUBLIKA.CO.ID, VALENCIA -- Valencia keluar sebagai pemenang kala menjamu Barcelona di Stadion Mestalla, Sabtu (25/1) malam. Kekalahan 0-2 Barcelona membuat posisi mereka sebagai pemuncak klasemen pun terancam.

Pelatih anyar Blaugrana, Quique Setien menerapkan formasi 4-3-3 dengan memasang  Lionel Messi, Antoine Griezmann, dan Ansu Fati sebagai trisula di lini depan. Di sisi tengah, ada duet Frankie De Jong, Sergio Busquets, dan Arthur yang ditugaskan mengalirkan bola.

Namun, deretan pemain bintang yang dimiliki tim tamu tak berdampak signifkan bagi pola permainannya. Pada awal laga, justru tuan rumah Valencia yang tampil lebih agresif. Ketika laga baru berjalan dua  menit, Valencia sudah melancarkan serangan meski terjebak offside.

Barcelona kembali mendapat tekanan saat laga belum bergulir lama. Pada menit ke-10, Valencia mendapat hadiah penalti akibat tekel keras yang dilakukan Gerard Pique. Namun, keberuntungan masih memihak Barcelona karena penalti Maxi Gomez mampu ditepis kiper Barca, Marc Ter Stegen.

Valencia terus mencoba menekan lawannya lewat permainan terbuka. Sementara Barcelona, cenderung mencoba mencuri kesempatan lewat set piece. Meski demikian, kedua tim bermain imbang hingga turun minum.

Pada babak kedua, Valencia kembali mendominasi permainan. Baru berjalan tiga menit, bek Barcelona, Jordi Alba sudah melakukan kesalahan fatal lewat blundernya.

Defisit satu gol membuat Barcelona semakin tertekan. Pasalnya, pemain Valencia  mampu menguasai lapangan tengah dan tak memberi ruang bagi lawannya. Lionel Messi yang sesekali merangsek ke lini pertahanan lawan, terus gagal menghadirkan harapan bagi timnya.

Petaka kembali datang bagi Barcelona ketika Maxi Gomez membayar kegagalannya di penalti babak pertama. Ia berhasil mencetak gol kedua untuk Valencia pada menit ke-77. Skor 2-0 pun bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Kekalahan Barcelona membuat mereka masih mengoleksi 43 poin. Di peringkat dua, ada Real Madrid dengan torehan poin yang sama namun baru akan bermain melawan Real Valladoid, Senin (27/1) dini hari WIB.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA