Friday, 4 Rajab 1441 / 28 February 2020

Friday, 4 Rajab 1441 / 28 February 2020

Pemuncak Bundesliga, RB Leipzig Tergelincir

Ahad 26 Jan 2020 01:19 WIB

Red: Andri Saubani

Para pemain Eintracht Frankfurt merayakan gol Almamy Toure (tengah) pada laga Bundesliga kontra RB Leipzieg, Sabtu (25/1).

Para pemain Eintracht Frankfurt merayakan gol Almamy Toure (tengah) pada laga Bundesliga kontra RB Leipzieg, Sabtu (25/1).

Foto: EPA/Armando Babany
RB Leipzig kalah dari Eintracht Frankfurt, 0-2.

REPUBLIKA.CO.ID, LEIPZIG -- Pemuncak klasemen Bundeliga, RB Leipzig tergelincir saat melawat ke markas Eintracht Frankfurt, Sabtu (25/1). Leipzig harus pulag dengan hasil kekalahan 0-2.

Kekalahan ketiga musim ini tersebut belum menjungkalkan Leipzig dari posisi puncak. Mereka masih berada di pucuk dengan koleksi 40 poin, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Baca Juga

Adapun, Frankfurt meneruskan tren positif mereka untuk menorehkan kemenangan beruntun keduanya. Hasil itu mendongkrak mereka ke peringkat kesembilan dengan 24 poin.

Leipzig yang tampil begitu tajam dalam empat laga tandang terakhirnya, berusaha mengulangi hal serupa saat bermain di Commerzbank Arena, Frankfurt. Mereka melakukan pendekatan serupa dengan menggempur habis-habisan pertahanan tuan rumah dan mencatatkan 12 tembakan ke gawang pada babak pertama.

Justru Frankfurt yang ditekan habis-habisan pada babak pertama, mampu mengemas gol pembukaan melalui tembakan keduanya di laga itu. Bek asal Prancis Almamy Toure melepaskan sepakan setengah voli dari tepi kotak penalti untuk bersarang ke gawang Leipzig pada menit ke-48.

Berada dalam situasi tertinggal membuat Leipzig berupaya mencetak gol balasan secepatnya. Mereka kembali memegang kendali, dan berusaha membongkar dua lapis pertahanan Mainz.

Filip Kostic tetap menjadi sosok yang mengancam bagi Mainz, ia kerap naik dan turun di sisi kiri untuk mengantisipasi peluang melakukan serangan balik. Pelatih Leipzig Julian Nagelsmann memasukkan Yussuf Poulsen, Ademola Lookman, dan Emil Forsberg untuk menambah daya gedor. Namun mereka tidak pernah benar-benar merepotkan kiper Kevin Trapp pada babak kedua.

Hal yang terjadi justru sebaliknya, Kostic mampu mengemas gol untuk menggandakan keunggulan The Eagles pada menit ke-90.

Tergelincirnya Leipzig dimaksimalkan benar oleh tim peringkat Borussia Moenchengladbach untuk naik ke peringkat kedua sekaligus memangkas jarak dengan sang pemuncak klasemen, berbekal kemenangan 3-1 atas tamunya Mainz 05. Gladbach kini memiliki 38 poin, hanya terpaut dua poin dari Leipzig.

Namun, posisi Gladbach masih berpeluang digeser Bayern Muenchen yang akan bermain melawan Schalke 04 pada Ahad (26/1) dini hari WIB. Secara mengejutkan Mainz mampu unggul terlebih dahulu saat laga baru berlangsung 12 menit melalui gol hasil tembakan Robin Quaison.

Namun, keunggulan itu tidak bertahan lama, pada menit ke-24 Alassane Plea melalui sepakan dari jarak dekat berhasil mengemas gol balasan untuk menyamakan kedudukan. Pemain asal Prancis itu kemudian membawa Gladbach berbalik unggul melalui golnya meneruskan umpan Patrick Herrmann pada menit ke-76.

Mainz memiliki dua peluang bagus untuk menyamakan kedudukan pada fase akhir laga. Keduanya dari tandukan Karim Onisiwo yang masih dapat ditahan kiper Yann Sommer.

Keasyikan menyerang membuat pertahanan Mainz sedikit ceroboh. Pada menit ke-88, kiper Mainz Robin Zentner gagal menjauhkan bola dengan sempurna saat ia keluar dari sarangnya, bola kemudian jatuh ke penguasaan Florian Neuhaus, untuk diteruskan dengan sepakan jarak jauh masuk ke gawang tim tamu.


sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA