Saturday, 28 Jumadil Akhir 1441 / 22 February 2020

Saturday, 28 Jumadil Akhir 1441 / 22 February 2020

Kawhi Leonard Torehkan Rekor Baru

Ahad 26 Jan 2020 05:39 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Andri Saubani

Kawhi Leonard

Kawhi Leonard

Foto: EPA-EFE/Etienne Laurent
Kawhi Leonard mencatatkan triple-double perdananya di pentas NBA.

REPUBLIKA.CO.ID, MIAMI -- Forward asal Amerika Serikat, Kawhi Leonard, sukses menorehkan rekor baru dalam catatan penampilan sejak memulai karier di pentas NBA pada 2011 silam. Untuk pertama kalinya, Leonard sukses mencatatkan triple-double di sebuah laga, tepatnya kala mengantarkan LA Clippers membungkam Miami Heat, 122-117, di lanjutan NBA Wilayah Barat, Sabtu (25/1) pagi WIB.

Dalam laga yang digelar di markas Heat, American Airlines Arena, tersebut, Leonard sukses membukukan dua digit di tiga aspek utama statistik permainan, yaitu 33 point, 10 rebound, dan 10 assist. Tidak hanya itu, dengan torehan ini, Leonard mampu menorehkan raihan 30 poin lebih dalam tujuh laga secara beruntun.

Leonard tercatat menjadi pemain pertama LA Clippers, yang mampu mencatatkan prestasi tersebut, sejak World B Free pada 1980 silam. Torehan rekor baru ini pun seolah menjawab keraguan terkait kemampuan pemain yang mengantarkan San Antonio Spurs dan Toronto Raptors meraih titel NBA itu, untuk bisa tampil apik bersama LA Clippers pada musim ini.

Di laga kontra Heat, forward berusia 28 tahun itu terbukti menjadi pahlawan kemenangan LA Clippers. Pasalnya, pada kuarter pertama, Clippers sempat tertinggal delapan poin dari tim tuan rumah. Namun, pada akhir kuarter kedua, Clippers bisa memangkas selisih jarak menjadi dua poin. Akhirnya, pada kuarter ketiga dan keempat, Leonard berhasil memberikan kontribusi maksimal terhadap kebangkitan Clippers.

Bahkan, 26 poin dari total torehan 33 poin di laga ini disumbangkan Leonard pada babak kedua laga. Puncaknya, Leonard berhasil membawa Clippers berbalik unggul pada akhir kuarter ketiga, 101-85. Keunggulan 16 poin ini pun menjadi modal buat Clippers untuk mencuri kemenangan di kandang Heat.

Pelatih Heat, Erick Spoelstra, pun mengaku terkejut dengan performa apik Leonard tersebut, termasuk dengan keberhasilan Leonard mencatatkan triple-double perdananya di pentas NBA. Buat Heat, kekalahan dari LA Clippers ini menjadi kekalahan kedua di laga kandang di pentas NBA musim ini.

''Catatan itu benar-benar mengejutkan. Triple-double pertama dalam kariernya?. Itu membuktikan dia benar-benar pemain yang komplet,'' tutur Spoelstra seperti dikutip Associated Press, Sabtu (25/1).

Sementara pelatih Clippers, Doc Rivers, memuji kesabaran dan gaya permainan Leonard. Rivers pun menyebut, Leonard layaknya petinju yang begitu sabar menunggu momen untuk bisa melepaskan pukulan mematikan buat lawan.

Baca Juga

''Dia seperti petinju. Dia begitu sabar, dan tahu kapan, harus memukul. Dalam hal ini, dia begitu pandai dalam melihat celah dan waktu untuk menembak,'' tutur Rivers.

Meski mampu tampil sebagai pahlawan kemenangan Clippers dan sukses menorehkan rekor baru di sepanjang kariernya, tapi Leonard menyebut, pencapaian ini tidak terlepas dari dukungan dan penampilan apik rekan-rekan setimnya. ''Catatan rekor ini terjadi karena kalian (rekan-rekan setimnya di Clippers). Kalian yang membuat ini bisa terjadi, begitulah arti sebenarnya triple-double ini,'' ujar Leonard, Sabtu (25/1).

Kemenangan atas Heat ini sekaligus menajamkan catatan kemenangan Clippers, menjadi delapan kemenangan dari 11 laga terakhir. Leonard pun bakal menjadi andalan Clippers kala melakoni laga tandang ke markas Orlando Magic di Amway Center, Ahad (26/1) waktu setempat. Ini menjadi laga tandang terakhir Clippers sebelum akhirnya kembali ke Los Angeles dan tampil di Staples Center guna berhadapan dengan LA Lakers, awal pekan depan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA