Sunday, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 February 2020

Sunday, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 February 2020

Napoli Jinakkan Juventus, Persaingan di Puncak Tetap Ketat

Senin 27 Jan 2020 05:45 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah

Para pemain Napoli merayakan kemenangan atas Juventus.

Para pemain Napoli merayakan kemenangan atas Juventus.

Foto: EPA-EFE/CIRO FUSCO
Juventus hanya unggul tiga poin dari Inter di peringkat kedua.

REPUBLIKA.CO.ID, NAPOLI -- Napoli tampil sebagai pemenang dalam duel bigmatch pekan ke-21 Liga Italia 2019/2020 kontra Juventus. Napoli menjinakkan Juventus 2-1 di Stadion San Paolo, Napoli, Senin (27/1).

Baca Juga

Ketiga gol dalam laga tersebut hadir pada babak kedua. Dua gol Napoli hadir melalui Piotr Zielinski pada menit ke-63, dan Lorenzo Insigne menit ke-86. Sedangkan satu-satunya gol i Bianconeri dicetak Cristiano Ronaldo pada injury time.

Hasil tersebut membuat posisi Napoli naik ke peringkat 10 dengan mengemas 27 angka 27 dari tujuh kemenangan, enam hasil seri, dan delapan kekalahan. Ini sekaligus mempertahankan tren positif i Vesuvani dalam dua partai terakhir.

Sebelumnya, pasukan Gennaro Gattuso berhasil menyingkirkan juara bertahan Coppa Italia SS Lazio. Sementara, bagi Juve hasil ini sangat mengecewakan sebab mereka gagal memperlebar jarak dengan Inter Milan.

I Bianconeri untuk sementara tetap berada di pucuk klasemen dengan perolehan 51 poin dari 21 laga. Armada Maurizio Sarri hanya unggul tiga poin dari Inter di peringkat kedua. Inter kembali gagal menang setelah ditahan imbang Cagliari 1-1.

Mendapatkan dukungan penuh dari pendukung Stadion San Paolo, Napoli mencoba menekan pertahhanan Juve, awal babak pertama berjalan. Namun, tidak mudah bagi tuan rumah menyarangkan gol ke gawang Nyonya Tua.

Memasuki menit ke-10 Juve membalikan situasi dengan tampil lebih menekan. Bahkan peluang hadir melalui kerjasama apik Paulo Dybala dan Cristiano Ronaldo. Sayang, peluang itu gagal berbuah gol usai bek tengah Napoli, Di Lorenzo dengan sigap melakukan cegatan.

Lima menit berselang giliran i Partenopei berganti menyerang. Lewat serangan balik cepat via sisi kanan lapangan Fabian Ruiz yang bermaksud melepas umpan silang langsung ke dalam kotak penalti masih mampu diantisipasi Leonardo Bonucci.

Hingga 30 menit waktu berjalan kedua tim masih sulit mengubah kedudukan di papan skor. Beberapa peluang matang tak bisa dimanfaatkan menjadi sebuah gol.

Selanjutnya, anak asuh Maurizio Sarri masih terus mencoba mengurai rapatnya barisan pertahanan Napoli yang dipimpin Kostas Manolas. Peluang pada menit ke-38 melalui Juan Cuadrado, lagi-lagi upaya itu hanya melebar ke gawang kiper Napoli, Alex Meret. Alhasil, hingga peluit babak pertama berbunyi skor imbang tanpa gol masih bertahan.

Memasuki interval kedua, kedua kesebelasan sama-sama mencoba memainkan sepak bola menekan untuk segera mencetak gol. Pada menit ke-61 Ronaldo mampu mengecoh pertahanan Napoli, akan tetapi Gonzalo Higuain yang menerima umpan gagal menyelesaikan peluang menjadi gol.

Justru, publik tuan rumah bergemuruh setelah melalui serangan balik cepat Napoli mampu unggul pada menit ke-63 melalui tembakan Zielinski usai memanfaatkan bola rebound yang dilepas Insigne dari luar kotak penalti.

Tertinggal satu gol membuat Juventus terus menakan. Sayang, berbagai peluang dan percobaan masih belum bisa menembus kokohnya barisan pertahanan Napoli. 

Keasyikan menyerang membuat pertahanan Nyonya Tua lengah. Kali ini giliran Insigne mencatatkan namanya di papan skor. Tembakan volinya berhasil merobek jala gawang Juve kali kedua, kreasi tersebut berawal dari umpan silang Callejon.

Pasukan Sarri tidak tinggal diam dan terus mencoba mengejar. Usaha mereka baru berhasil pada menit ke-90 setelah Ronaldo mampu menggetarkan gawang Alex Meret. Dengan tambahan waktu empat menit peluang emas terakhir Juve hadir melalui Higuain. Sayang, tendangan volinya masih mendarat tepat ke pelukan Meret. Praktis, skor 2-1 untuk keunggulan Napoli bertahan hingga akhir pertandingan. 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA