Minggu, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 Februari 2020

Minggu, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 Februari 2020

Kareem Abdul Jabar: Kobe Bryant Lebih dari Atlet Basket

Senin 27 Jan 2020 16:42 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Kobe Bryant (kiri)

Kobe Bryant (kiri)

Foto: Reuters
Kobe dinilai Kareem sebagai sosok yang begitu menginspirasi banyak orang.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Salah satu legenda NBA, Kareem Abdul-Jabar, mengaku, begitu kehilangan sosok Kobe Bryant. Ia mengenal Kobe saat mendiang masih berusia 11 tahun.

Kareem menyebut, Kobe akan dikenang bukan hanya sebagai atlet basket yang telah menginspirasi banyak pemain-pemain muda, tapi menjadi sosok yang benar-benar berpengaruh.

Kobe Bryant meninggal dunia dalam kecelakaan helikopter di kawasan California, Amerika Serikat, Ahad (26/1) waktu setempat. Kobe Bryant merupakan mantan pemain LA Lakers, yang telah meraih lima gelar juara NBA.

Tidak hanya itu, Kobe juga meraih dua gelar MVP Final NBA. Selain itu, Kobe juga termasuk dalam lima besar pemain yang paling banyak mencetak poin di sepanjang kiprahnya di kompetisi basket nasional AS tersebut, dengan torehan total 38.387 poin selama 20 tahun berkarier di pentas NBA.

Dengan berbagai pencapaiannya di atas lapangan basket, Kobe Bryant pun dianggap sebagai salah satu legenda terbesar yang pernah tampil di NBA. Namun, buat Kareem Abdul-Jabar, pencapaian Kobe Bryant bukan sekadar di atas lapangan basket. Kobe juga sosok yang begitu menginspirasi banyak orang.

''Banyak orang akan mengenal Kobe sebagai atlet luar biasa, yang telah menginspirasi banyak pemain muda, saya akan selalu mengingatnya sebagai sosok yang lebih dari sekadar atlet bola basket,'' tulis Kareem di akun media sosial miliknya seperti dikutip Sports Illustrated, Senin (27/1).

Baca Juga

photo
Legenda NBA, Kareem Abdul Jabbar.


Kareem, yang masih memegang rekor pemain dengan torehan poin terbanyak di sejarah NBA, mengakui telah mengenal Kobe sejak masih berusia 11 tahun. Kareem menyebut telah mengenal baik ayah Kobe, Joe Bryant. Kareem pun mengucapkan belasukngkawa sebesar-besarnya buat keluarga besar Kobe Bryant, termasuk anak dan istri Kobe.

Kareem menilai, salah satu inspirasi terbesar yang diberikan Kobe terhadap para pemain muda di NBA adalah keberanian untuk tampil di pentas NBA usai menempuh kompetisi di tingkat sekolah. Kareem pun masih ingat betul saat Kobe mampu mencatatkan sejarah dengan menjadi pemain kedua dengan torehan poin terbanyak dalam satu laga, yaitu 81 poin.

''Kenangan itu akan saya ingat terus sampai kapan pun. Dia adalah pencetak angka terbaik yang pernah dimiliki LA Lakers. Dia adalah atlet dan pemimpin luar biasa. Istirahat dengan tenang anak muda. Kehilanganmu akan sangat sulit untuk bisa diobati,'' kata Kareem dalam unggahan video di akun media sosialnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA