Sunday, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 February 2020

Sunday, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 February 2020

Ini Janji Presiden FIFA untuk Tingkatkan Sepak Bola Afrika

Ahad 02 Feb 2020 10:15 WIB

Red: Israr Itah

Presiden FIFA Gianni Infantino memberikan sejumlah usulan untuk meningkatkan sepak bola Afrika.

Presiden FIFA Gianni Infantino memberikan sejumlah usulan untuk meningkatkan sepak bola Afrika.

Foto: EPA/MARKKU OJALA
Presiden FIFA Gianni Infantino mengusulkan Piala Afrika diadakan setiap empat tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden FIFA Gianni Infantino telah mengusulkan agar Piala Afrika diadakan setiap empat tahun, bukan setiap dua tahun. Ia juga ingin menciptakan Liga Super pan-Afrika dengan 20 klub anggota tetap.

Baca Juga

Presiden FIFA berbicara pada sebuah seminar di Rabat, Maroko tentang pengembangan sepak bola Afrika. Ia mengeluh bahwa sepakbola di kawasan itu tidak berkembang seperti yang diharapkan dan bahwa ia ingin memproyeksikan sepak bola Afrika ke puncak dunia.

Pernyataan Infantino datang kurang dari satu bulan setelah Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) memutuskan untuk memindahkan turnamen Piala Afrika tahun depan di Kamerun dari Juni-Juli kembali ke jadwal semula Januari. Ini memicu kritik dari klu-klub yang harus melepaskan pemain pada pertengahan musim.

"Kami telah berbicara tentang perkembangan sepakbola Afrika selama bertahun-tahun," kata Infantino. "Pele pernah mengatakan bahwa tim Afrika akan memenangkan Piala Dunia FIFA, tetapi ini belum terjadi dan sepertinya kita tidak membuat kemajuan. Hari ini harus menjadi hari kita membalikkan halaman itu."

Ia mengatakan Piala Afrika menghasilkan keuntungan dua puluh kali lebih sedikit daripada Piala Eropa). Ia mempertanyakan sisi positif Piala Afrika dari sisi komersil setiap dua tahun.

"Apakah ini mengembangkan infrastruktur? Pikirkan tentang pengeluaran setiap empat tahun," kata dia

Infantino kemudian memberikan rincian proposal untuk liga pan-Afrika yang menurutnya telah dikembangkan bersama dengan CAF.

"Saya ingin membuat liga pan-Afrika nyata yang akan menampilkan 20-24 klub dengan maksimal mungkin dua klub per negara yang masih akan bermain di liga nasional mereka, tetapi itu akan bermain sepanjang tahun sehingga kita benar-benar dapat memahkotai juara klub Afrika," katanya.

FIFA mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa klub anggota tetap akan didesak untuk berinvestasi sebesar 20 juta dolar AS setiap tahun selama lima tahun dan juga harus memenuhi kriteria partisipasi lainnya seperti investasi dalam sepak bola kaum muda dan sepak bola wanita.

FIFA menambahkan kompetisi akan memiliki potensi untuk menghasilkan pendapatan sebesar 3 miliar dolar AS selama siklus lima tahun - dan juga akan menciptakan kondisi bagi sepak bola Afrika untuk dapat mempertahankan beberapa pemain paling berbakat di benua itu.

CAF saat ini menyelenggarakan dua kompetisi kontinental untuk klub - Liga Champions CAF, untuk juara domestik plus runner-up dari liga yang lebih besar, dan Piala Konfederasi CAF untuk tim-tim yang berperingkat lebih rendah.

Infantino juga meluncurkan rencana untuk menginvestasikan 1 miliar dolar AS untuk membangun setidaknya satu stadion teratas di masing-masing dari 54 asosiasi anggota FIFA Afrika. Di mana stadion yang baik sudah ada, investasi akan digunakan pada infrastruktur lain.

Dia juga berencana untuk membentuk kelompok 20 wasit yang akan profesional. "Wasit harus berada di atas dan di luar keraguan dan untuk itu kita harus melindungi mereka. Kita akan mengambil 20 wasit FIFA Afrika terbaik, memprofesionalkan mereka, dan memberi mereka kontrak profesional permanen," kata Infantino berjanji.

sumber : REUTERS
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA