Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Candra Wijaya Ingatkan Pancasila Pilihan untuk Generasi Muda

Senin 03 Feb 2020 08:57 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto

Legenda bulu tangkis Indonesia, Candra Wijaya.

Legenda bulu tangkis Indonesia, Candra Wijaya.

Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Ideologi Pancasila merupakan pilihan utama dalam menjalani masa muda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Legenda bulu tangkis Indonesia, Candra Wijaya, mengajak generasi muda Tanah Air untuk bisa menyalurkan semangat ke arah positif. Peraih medali emas ganda putra Olimpiade 2000 ini mengatakan, ideologi Pancasila merupakan pilihan utama dalam menjalani masa muda.

Hal tersebut disampaikan Candra pada kegiatan bincang-bincang Gen-Pancasila, Imlek Generasi Milenial, di Cilandak Town Square, Jakarta, Sabtu (1/2).

"Saya mendukung gerakan Gen-Pancasila untuk kebersamaan, untuk visi misi kita ke depan yang mulia. Tentunya kontribusi kita sebagai anak bangsa. Bukan hanya saat ini saja atau di saat generasi saya saja, tentu saja semua (generasi) harus memberi kontribusi positif," kata Candra.

Juara All England 1999 ini menerangkan, keberagaman di bangsa ini harus dijaga oleh generasi muda sebagai penerus bangsa. Menurut dia, olahraga bisa menjadi bidang alternatif bagi muda/mudi untuk berjalan ke di koridor positif.

"Kita harus kembali kepada visi misi yang mulia, membersihkan hati dan pikiran. Itulah yang kita harus pergunakan, dan olahraga adalah salah satu unsur utama," jelas pria kelahiran Cirebon 44 tahun silam.

Candra mencontohkan dirinya yang seumur hidup menghabiskan waktu untuk berbakti kepada negara lewat olahraga. "Kontribusi saya selama ini mulai menjadi pemain hingga berhasil menjadi juara All England, juara dunia, juara olimpiade, itu saya kira sebagai pemberian terbesar dalam hidup saya," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia dari Forum Bentara Pancasila, Arif Novianto menjelaskan, kegiatan Gen Pancasila berisi talkshow, stand up comedy, dan konser musik yang menghadirkan kelompok musik Fourtwenty yang sedang digandrungi generasi kekinian.

"Gen Pancasila adalah gerakan bersama untuk menyuarakan semangat Pancasila bagi generasi kiwari, atau generasi kekinian. Generasi yang diharap bisa mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa saat ini," ucap Arif Novianto.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA