Sunday, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 February 2020

Sunday, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 February 2020

Pele Alami Depresi

Selasa 11 Feb 2020 05:49 WIB

Rep: Fitriyanto/ Red: Agung Sasongko

pele

pele

Foto: REUTERS/Paulo Whitaker
Pele bertahun-tahun alami masalah pinggul membuatnya mengenakan kursi roda.

REPUBLIKA.CO.ID, SAO PAULO -- Legenda sepak bola, Pele  mengalami depresi. Bertahun-tahun alami masalah pinggul yang membuatnya mengenakan kursi roda.

"Dia enggan meninggalkan rumah karena dia tidak bisa berjalan tanpa bantuan," kata putranya Edinho dalam sebuah wawancara yang diterbitkan di Brasil pada Senin kemarin.

"Dia sangat rapuh. Dia malu, Dia tidak ingin keluar, tidak mau terlihat, atau melakukan apa pun yang harus meninggalkan rumah," tambah putranya. 

Edinho mengaku sempat berdebat dengan ayahnya karena enggan melakukan fisioterapi.

“Jadi dia tidak bisa berjalan secara normal dan ini telah memicu semacam depresi.  Bayangkan, Dia sosok yang selalu mengesankan dan hari ini dia tidak bisa berjalan dengan normal." Jelas Edinho.

Pele, satu-satunya pemain yang memenangkan tiga Piala Dunia, menghabiskan sebagian besar karirnya dengan tim Brasil Santos sebelum pindah ke New York Cosmos pada 1970-an.

Musim panas ini akan menandai peringatan 50 tahun gelar striker ketiga Piala Dunia, dimenangkan di Meksiko pada tahun 1970 dengan apa yang banyak orang yakini sebagai tim terhebat sepanjang masa.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA