Saturday, 28 Jumadil Akhir 1441 / 22 February 2020

Saturday, 28 Jumadil Akhir 1441 / 22 February 2020

Penalti Ronaldo Gagalkan Kemenangan AC Milan Atas Juventus

Jumat 14 Feb 2020 05:38 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah

Penyerang Juventus Cristianop Ronaldo menjebol gawang AC Milan lewat tendangan penalti.

Penyerang Juventus Cristianop Ronaldo menjebol gawang AC Milan lewat tendangan penalti.

Foto: PA-EFE/MATTEO BAZZI
Juventus menahan imbang AC Milan 1-1 pada leg pertama semifinal Coppa Italia.

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Kemenangan AC Milan atas Juventus pada leg pertama semifinal Coppa Italia yang sudah di depan sirna. Gol penalti Cristiano Ronaldo membuat Juventus menahan imbang AC Milan 1-1 pada laga di Stadion San Siro, Jumat (14/2) dini hari WIB.

Baca Juga

Milan mampu membuka keunggulan lebih dahulu melalui gol penyerang sayap Ante Rebic pada menit ke-61 setelah menerima umpan silang Samu Castillejo. Juventus terselamatkan dari kekalahan setelah Cristiano Ronaldo menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit pertama injury time laga.

Bianconeri lebih mendominasi jalannya laga dengan penguasaan bola 62 persen berbanding 38 persen. Lini tengah Juve yang diperkuat Miralem Pjanic, Aaron Ramsey, dan Blaise Matuidi mampu menghentikan aliran bola Milan melalui Hakan Calhanoglu dan Ismael Bennacer.

Meski demikian, Milan mampu tampil efektif dengan total percobaan 18 tembakan dan 11 tembakan mengarah tepat ke gawang Le Zebrette.

Peluang pertama Milan hadir melalui bek sayap kanan Davide Calabria pada menit ke-22, namun tembakannya dari luar kotak penalti masih bisa ditepis oleh kiper Gianluigi Buffon.

Tujuh menit berselang, Milan kembali mengancam lini belakang i Bianconeri. Memanfaatkan kesalahan umpan pemain belakang, Ante Rebic langsung menyepak bola dengan kaki kanannya. Tapi tendangan penyerang asal Kroasia masih bisa dihalau dengan mudah oleh Buffon.

Juventus yang menurunkan hampir seluruh pemain terbaiknya mencoba mengambil alih serangan. Pada menit ke-35 lewat operan pendek cepat, Juventus menciptakan peluang emas. Sepakan mendatar Juan Cuadrado masih ditepis dengan sigap oleh Gianluigi Donnarumma. Hingga peluit turun minum berbunyi skor kacamata masih bertahan.

Milan langsung mendapat peluang tiga menit selepas laga dimulai, namun sepakan Ante Rebic mengenai Buffon. Publik San Siro akhirnya bergemuruh setelah Rebic berhasil memperdaya Buffon pada menit ke-61. Melalui umpan silang Castillejo dari sisi kanan Rebic langsung menyambar bola di dalam kotak penalti. Skor 1-0 untuk Milan.

Tertinggal 0-1 pelatih Juventus Maurizio Sarri langsung merotasi untuk memperkuat lini serang. Aaron Ramsey ditarik keluar dan digantikan Rodrigo Bentancur pada menit ke-63, sedangkan Gonzalo Higuain masuk menggantikan Mattia De Sciglio pada menit ke-70.

Satu menit berselang petaka hadir bagi kubu Merah-Hitam, bek andalan Theo Hernandez harus meninggalkan lapangan lebih cepat karena mendapat kartu kuning kedua setelah menjatuhkan Paulo Dybala. Alhasil, juru taktik Milan Stefano Pioli mengantisiapasi lubang yang ditinggalkan dengan menarik keluar Rebic dan memasukan Diego Laxalt pada menit ke-72.

Milan mulai mengendurkan serangan, dan berusaha melakukan strategi counter attack yang dipimpin Ibrahimovic dan Samu Castillejo. Sedangkan, Bianconeri memanfaatkan 10 pemain Milan dengan menggedor lini belakang sang lawan.

Upaya Juventus terbayar pada menit ke-90+1. Wasit memberikan hadiah penalti akibat Calabria menyentuh bola dengan tangannya di area kotak terlarang dengan maksud menghalau tendangan voli Ronaldo dari sudut sempit.

Ronaldo yang menjadi algojo penalti dengan baik memperdaya Donnarumma. Skor pun menjadi 1-1 sekaligus bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Praktis, ini juga jadi modal berharag Juventus ketika menjalani leg kedua versus Milan di Stadion Allianz, Turin awal bulan Maret mendatang. Apalagi, Milan nantinya tidak akan diperkuat Ibrahimovic, Castillejo, dan Theo Hernandez karena akumulasi kartu.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA