Tuesday, 14 Sya'ban 1441 / 07 April 2020

Tuesday, 14 Sya'ban 1441 / 07 April 2020

Nestapa Dembele di Camp Nou

Ahad 09 Feb 2020 22:30 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto

Ousmane Dembele cedera lagi.

Ousmane Dembele cedera lagi.

Foto: EPA-EFE/Rodrigo Jimenez
Dembele terus diganjar dengan masalah cedera sejak tiba di Camp Nou, markas Barca.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Ousmane Dembele harus menelan kenyataan pahit. Harapan untuk meningkatkan kariernya dengan pindah ke Barcelona, dan disaksikan 17 ribu fan saat dikenalkan secara resmi, ternyata penuh rintangan.

Dua setengah tahun setelah bergabung pada 2017, pemain brusia 22 tahun itu belum memenuhi ekspektasi. Sebab, Dembele terus diganjar dengan masalah cedera sejak tiba di Camp Nou.

Musim ini, Dembele baru sembilan kali tampil untuk Barca. Di awal musim, ia menghabiskan waktunya beristirahat karena masalah hamstring. Pemain berusia 22 tahun itu dibeli Barca sebesar 105 juta euro pada Agustus 2017, tapi sebagian besar waktunya dihabiskan untuk pemulihan cedera.

Dembele menjalani operasi hamstring sebulan setelah tiba di Cam Nou, dan tak bermain sampai Januari 2018. Dembele kemudian mengalami masalah cedera lain, saat baru tampil empat pertandingan, dan absen sebulan.

Pada akhir musim 2018/19, Dembele mengalami cedera pada hamstring kiri dan kanannya, dan membuatnya dilarang masuk skuat Barca. Rentetan cedera ini membuatnya paling tidak absen dalam 63 pertandingan. Pemain yang diharapkan jadi pengganti Neymar itu pun baru mencetak 19 gol sepanjang membela Barca.

Cedera terakhir bahkan membuat Dembele harus absen sampai akhir musim ini. Dembele awalnya berjalan meninggalkan sesi latihan Selasa (4/2), setelah merasa tidak nyaman. Tapi setelah menjalani tes, Dembele diketahui mengalami cedera pada urat paha kanannya. Ini merupakan kondisi yang sulit diobati, mengingat Dembele sempat absen sejak November lalu.

Meskipun sampai saat ini Los Cules belum memberikan waktu yang pasti sampai kapan Dembele pulih. Tapi pemeriksaan awal medis menunjukkan. Ia akan absen selama beberapa bulan.

Cedera ini membuat Barcelona menerbangkan Dembele ke Finlandia, untuk menjalani operasi pekan ini. Di Finlandia, ia akan kembali bertemu dengan dokter spesialis yang sama, saat menjalani operasi tiga bulan lalu, yaitu Sakari Orava.

Dembele rencananya akan mulai dibedah pada Selasa waktu waktu setempat pekan depan. "Pemain Barcelona Ousmane Dembele akan menjalani operasi, Selasa, 11 Februari, di Turku, Finlandia, untuk menangani putusnya urat yang dekat dengan hamstring kanannya," jelas Barcelona, dalam sebuah pernyataan, dikutip dari AS, Ahad (9/2).

Tentu saja kabar ini kian bikin Barcelona pada posisi sulit, mengingat klub tak berniat mencari pengganti Luis Suarez yang cedera lebih dulu pada bursa transfer Januari. Terlebih, Barca juga sudah melepas penyerang Carles Perez. Oleh karena itu, dengan menepinya Dembele sampai akhir musim, Barca sekarang sedang sibuk mencari penyerang baru.

Barcelona pun sudah mengambil ancang-ancang untuk mencari seorang striker. Apalagi, Barca punya izin untuk mendatangkan striker tambahan, meski bursa transfer sudah ditutup. Aturan federasi sepak bola Spanyol (RFEF) menyebutkan, Barcelona hanya boleh merekrut pemain yang tampil di Spanyol. Meski opsinya sedikit, namun bukan tidak ada.

Salah satu opsimya adalah Cristhian Stuani, yang saat ini membela tim Divisi I Girona. Ia saat ini jadi pencetak gol terbanyak di divisi tersebut. Pemain asal Uruguay itu menyatakan beberapa kali ia tak ingin meninggalkan klub asal Katalan tersebut. Namun, dana sebesar 20 juta euro cukup untuk membawanya pindah ke Camp Mou.

Opsi lainnya adalah Willian Jose. Penyerang Real Sociedad tersebut berada di belakang bayang-bayang Alexander Isak, dan hampir hengkang ke Tottenham Hotspur bulan lalu. Meski pada akhirnya ia tetap bertahan di Spanyol dan minta maaf ke fan La Real.

Kepindahan Jose ke Barcelona akan mewujudkan mimpinya bergabung ke klub besar. Namun, harganya yang sebesar 70 juta eurp membuat situasi jadi rumit.

Pilihan lain yang lebih masuk akal adalah striker Real Betis, Loren, yang punya klausul pelepasan sebesar 60 juta euro. Namun harga itu bisa berkurang sampai setengahnya. Sehingga ini jadi pilihan yang bisa saja ditempuh pelatih Quique Setien untuk menambal lubang di lini depan.

Beberapa sosok lain yang bisa jadi target Barca adalah penyerang Villarreal Carloa Baca, Kevin Gameiro dari Valencia, atau salah satu penyerang Getafe, Angel, Jorge Molina, Mata, atau Deyverson. Atau kalau mau cari yang murah meriah, Barca bisa ambil pemain dari tim Barcelona B, seperti Rey Manaj, Kike Saverio, atau Hirobi Ake.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA