Sunday, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 February 2020

Sunday, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 February 2020

Klopp Sambut Kembalinya Fabinho

Sabtu 15 Feb 2020 13:59 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto

Fabinho

Fabinho

Foto: Twitter Liverpool FC
Fabinho sebelumnya absen dalam 13 laga di semua ajang karena cedera.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Sejak pulih dari cedera dan mulai kembali merumput buat Liverpool pada pertengahan Januari lalu, Fabinho tercatat hanya satu kali tampil penuh selama 90 menit di satu pertandingan. Namun, catatan itu sudah cukup membuat pelatih Liverpool, Juergen Klopp, begitu sumringah menyambut kembalinya gelandang asal Brasil tersebut.

Mengalami cedera engkel saat Liverpool ditahan imbang Napoli, 1-1, di kancah Liga Champions, 27 November lalu, Fabinho harus absen selama kurang lebih dua bulan dari skuat the Reds. Tercatat, eks gelandang AS Monaco itu absen di 13 di semua ajang, termasuk saat Liverpool sukses menjuarai Piala Dunia Antarklub, memastikan satu tempat di fase 16 besar Liga Champions, dan menjaga rekor tidak terkalahkan di Liga Primer Inggris.

Kendati begitu, secara perlahan, Fabinho mulai kembali pulih dan sempat diturunkan sebagai pemain pengganti di laga kontra Manchester United, pertengahan bulan lalu. Pun saat Liverpool menghadapi Wolves dan West Ham di lanjutan Liga Primer Inggris. Namun, di tiga laga tersebut, Fabinho hanya turun sebagai pemain pengganti.

Kesempatan Fabinho untuk bisa tampil sebagai starter dan tampil penuh selama 90 menit akhirnya datang kala Liverpool menerima lawatan Southampton di Stadion Anfield, awal bulan ini. Hasilnya, Liverpool membungkam the Saints, 4-0, di laga pada pekan ke-25 Liga Primer Inggris tersebut.

Klopp mengakui, kembalinya Fabinho merupakan suntikan berharga buat Liverpool. Ia mengakui, memiliki Fabinho kembali sebagai pilihan pemain benar-benar masif dan luar biasa.

Baca Juga

"Dia absen selama kurang lebih dua bulan, tidak terlalu lama, tapi cukup untuk membuat seorang pemain kehilangan ritme permainan. Jadi, kami harus bekerja keras mengembalikan ritme permainannya, dan sekarang dia semakin baik dan terus membaik,'' kata Klopp seperti dikutip Liverpool Echo, Sabtu (15/2).

Dari torehan gol ataupun asisst, Fabinho memang tidak secemerlang Mohammed Salah, Sadio Mane, atapun Roberto Firmino. Pada musim ini, Fabinho baru menorehkan satu gol dan dua assist di semua ajang. Namun, peran penting Fabinho justru berada di mesin permainan the Reds, di lini tengah. gelandang yang didatangkan pada awal musim 2018/2019 itu menjadi salah satu andalan Klopp untuk menjaga keseimbangan permainan the Reds.

Klopp pun menyebut, selain memperkaya pilihan pemain di lini tengah, kehadiran Fabinho juga dapat membantu Liverpool meraih titel juara Liga Primer Inggris di 13 laga terakhir Liga Primer Inggris musim ini.

''Buat kami, dia pemain kelas dunia. Kami memiliki tiga atau empat pemain muda, tapi kembalinya dia benar-benar sensasional. Dia mulai menunjukan performa terbaiknya. Apakah dia akan lebih segar setelah pulih dari cedera? Saya rasa iya. Dia akan baik-baik saja," jelas Klopp. "Dia jarang bermain dalam tiga atau empat pekan terakhir. Jadi, kesegaran kondisi fisiknya akan sangat membantu kami.''

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA