Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Dua Gol Haaland Antar Dortmund Taklukkan PSG

Rabu 19 Feb 2020 05:00 WIB

Red: Ratna Puspita

Penyerang Borussia Dortmund Erling Haaland menjebol gawang Paris Saint Gerimain (PSG)

Penyerang Borussia Dortmund Erling Haaland menjebol gawang Paris Saint Gerimain (PSG)

Foto: EPA-EFE/FRIEDEMANN VOGEL
Satu gol PSG dicetak oleh bintang asal Brasil, Neymar, pada menit ke-75.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Erling Haaland memastikan laga pertama babak 16 besar Liga Champions di Signal Iduna Park, North Rhine-Westphalla, Rabu (19/2) dini hari WIB, menjadi milik Borussia Dortmund. Dua gol Haaland mengantarkan Dortmund unggul 2-1 atas Paris Saint Germain (PSG).

Baca Juga

Haaland mencetak gol pertama pada menit ke-69 dan kembali membawa Dortmund unggul pada menit ke-77. Sementara bintang PSG asal Brasil Neymar berhasil mencuri satu gol tandang pada menit ke-75.

Dengan hasil ini, Dortmund hanya perlu hasil imbang ketika bertandang ke markas Paris Saint Germain. Sementara PSG membutuhkan kemenangan dengan skor minimal 1-0. 

Jalannya pertandingan

Pada awal pertandingan, Borussia Dortmund menunjukkan performa lebih baik dalam hal penguasaan bola meski PSG lebih banyak menguasai bola. Dortmund juga tampak lebih baik dalam hal penjagaan wilayah. 

Namun, Dortmund belum mampu memanfaatkan keunggulan tersebut dengan menyuplai bola ke lini depan. Kombinasi Jadon Sancho dan Erling Haaland belum membuahkan hasil seperti pada menit ke-15 ketika Sancho tampak menjadikan Haaland sebagai pengalih tetapi bola yang ditembak ke arah gawang PSG masih melebar.

Sebaliknya, PSG mendapatkan satu tendangan bebas setelah Neymar dilanggar ketika menggiring bola. Akan, bola hasil tendangan bebas Neymar masih melebar.

Sancho sempat melakukan tembakan langsung ke arah gawang pada menit ke-27. Namun, bola berhasil ditepis Keylor Navas.

Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Pada awal babak kedua, Dortmund langsung menyerang melalui Hakimi di sisi kanan. Namun, serangan berhasil ditepis Navas sehingga hanya membuahkan tendangan sudut.

Upaya-upaya lainnya Dortmund melalui Haaland, Sancho, dan Hazard belum membahayakan gawang PSG. Sebaliknya PSG tampak tertekan dan bahkan Neymar menerima kartu kuning pada menit ke-58 setelah sikutnya menyenggol Witsel. Upaya Kurzawa menyerang juga kandas sebelum sampai ke lini pertahanan Dortmund.

Upaya serangan balik PSG pada menit ke-64 yang dimotori Angel di Maria juga dengan mudah dikandaskan oleh pemain belakang Dortmund. 

Pada menit ke-66, Dortmund melakukan perubahan pemain dengan memasukkan Giovanni Reyna untuk menggantikan Hazard. Pergantian membawa implikasi baik bagi Dortmund. 

Haaland akhirnya membobol gawang PSG pada menit ke-68. Gol bermula dari kerja sama Sancho, Haaland, Hakimi, dan Guererro. Haaland yang mendapatkan ruang di depan gawang Navas tidak menyia-nyiakan peluang itu. Penonton yang memadati Signal Iduna Park pun langsung bergemuruh.

Neymar menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-75. Bola berawal ketika Neymar menerima umpan matang dari Mbappe.

Namun, keunggulan tidak berlangsung lama karena Haaland kembali membawa Dortmund unggul pada menit ke-77. Haaland yang berdiri di luar kota pinalti menembakkan bola hasil umpan Reyna ke gawang yang dijaga Navas. Ini adalah gol ke-10 Haaland di tujuh pertandingan Liga Champions musim ini.

Skor 2-1 untuk Dortmund bertahan hingga peliut panjang berbunyi. Laga kedua yang menjadi kesempatan PSG membalikan keadan akan berlangsung pada 13 Maret 2020 di Parc des Princess.

 

Susunan pemain Borussia Dortmund vs PSG

Borussia Dortmund (3-4-3)

Pelatih: Lucien Favre

Kiper: Burki 

Belakang: Zagadou, Hummels, Piszczek 

Tengah: Guerreiro, Witsel, Can, Hakimi 

Depan: Hazard, Sancho, Haaland

Cadangan: Hitz, Akanji, Dahoud, Schulz, Schmelzer, Reyna, Gotze

 

Paris Saint Germain (4-3-3)

Pelatih: Thomas Tuchel

Kiper: Navas 

Belakang: Kurzawa, Kimpembe, Thiago Silva, Meunier 

Tengah: Verratti, Marquinhos, Gueye 

Depan: Neymar, Mbappe, Di Maria

Cadangan: Rico, Kehrer, Kouassi, Draxler, Sarabia, Cavani, Icardi

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA