Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Juara Bertahan Liverpool Kalah di Markas Atletico

Rabu 19 Feb 2020 05:05 WIB

Red: Ratna Puspita

Gelandang Atletico Madrid Saul Niguez

Gelandang Atletico Madrid Saul Niguez

Foto: EPA-EFE/RODRIGO JIMENEZ
Liverpool gagal keberhasilan menguasai bola menjadi peluang yang membahayakan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juara bertahan Liga Champions Liverpool harus mengakui keunggulan Atletico Madrid yang bermain di depan pendukungnya di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Spanyol. Liverpool yang menguasai bola kalah dengan gol cepat Saul Niguez, Rabu (19/2) dini hari WIB.

Baca Juga

Atletico Madrid membuka pertandingan dengan meyakinkan. Gol Saul pada menit ke-4 membawa Atleti, julukan Atletico, di atas angin. 

Gol bermula dari tendangan sudut Koke yang menyebabkan kemelut di depan gawang Allison. Bola sempat menyentuh Fabinho sebelum disambar Saul yang menceploskannya ke gawang Liverpool.

Tertinggal, Liverpool berupaya membangun serangan. Namun, pemain belakang Atletico bermain disiplin menyulitkan trio Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Firminho.

Salah sempat membobol gawang Atletico, tetapi wasit menyatakan Firminho sudah dalam posisi offside ketika menerima operan bola dari Salah dan mengoperkannya kembali ke pemain asal Mesir tersebut.

Meski kalah dalam penguasaan bola, Atletico justru beberapa kali membahayakan lini belakang Liverpool yang tampil kurang meyakinkan.

Pada menit ke-34, Lemar nyaris lolos dari pertahanan Liverpool. Akan tetapi, hakim garis mengangkat bendera offside meski agak telat.

Pada menit ke-40, Sadio Mane mendapatkan kartu kuning setelah tangannya mengenai kepala Vrsaljko. Selanjutnya, ketegangan antara dua pemain terjadi hingga paruh pertama berakhir.

Liverpool terus berupaya membongkar pertahanan Atleti. Namun, babak pertama berakhir dengan keunggulan Atletico.

Memasuki babak kedua, kedua pelatih melakukan sejumlah pergantian pemain. Di kubu tuan rumah, Llorente menggantikan Lemar. Sementara pelatih Liverpool Juergen Klopp menarik Sadio Mane dengan Divock Origi.

Pada menit ke-52, Salah mendapat peluang setelah berdiri di ruang bebas atau tanpa penjagaan pemain belakang Atletico. Ia menyambut bola hasil Alexander-Arnold. Namun, sundulannya masih melebar di kiri gawang Oblak.

Liverpool terus melakukan tekanan ke lini belakang Atletico. Namun, serangan kerap dihalau Atletico yang menempatkan tujuh hingga delapan pemain di kotak pinalti.

Atletico melakukan perubahan ketika Alvaro Moratta digantikan oleh Vitolo pada menit ke-69.

Sementara di kubu tamu, meski mencatat 68 persen penguasaan bola, Liverpool gagal mengonversinya menjadi peluang berbahaya ke gawang lawan.

Selanjutnya, pertandingan berlangsung monoton dengan tanpa perubahan strategi dari kedua tim. Skor pun tidak berubah dengan keunggulan Atletico 1-0.

Klopp mendapatkan kartu kuning lantaran beberapa kali melancarkan protes terhadap wasit. Protes Klopp karena sejumlah pemain Atletico melakukan pelanggaran tapi diabaikan oleh wasit.

Sementara Diego Simeone menyemangati penonton untuk berteriak lebih kencang untuk timnya.

Tambahan waktu empat menit tetap tidak berhasil mengubah keadaan. Liverpool harus pulang dengan kekalahan. Laga kedua babak 16 besar antara kedua tim akan berlangsung pada 12 Maret 2020 di Stadion Anfield.

Susunan Pemain

Atletico Madrid (4-4-2)

Pelatih: Diego Simeone

Kiper: Oblak 

Belakang: Lodi, Savic, Felipe, Vrsaljko 

Tengah: Lemar, Partey, Koke, Niguez

Depan: Correa, Morata

Cadangan: Adan, Gimenez, Hermoso, Llorente, Vitolo, Carrasco, Costa.

 

Liverpool (4-3-3)

Pelatih: Juergen Klopp

Kiper: Alisson 

Bek: Robertson, van Dijk, Gomes, Alexander-Arnold 

Tengah: Wijnaldum, Fabinho, Henderson 

Depan: Mane, Firmino, Salah

Cadangan: Adrian, Milner, Keita, Oxlade-Chamberlain, Minamino, Origi, Matip.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA