Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

LIB Sesuaikan Jadwal Liga 1 2020 Usai Pertemuan Manajer Klub

Rabu 19 Feb 2020 21:27 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Cucu Somantri.

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Cucu Somantri.

Foto: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Kick-off kompetisi Liga 1 2020 tidak akan mengalami perubahan, yakni 29 Februari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jadwal kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia Liga 1 2020 akan mengalami beberapa perubahan demi mengakomodasi kebutuhan dari sejumlah klub. Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Cucu Somantri mengatakan perubahan ini terutama bagi klub yang secara letak geografis cukup jauh, seperti Persipura Jayapura dan Persiraja Banda Aceh. Namun untuk kick-off kompetisi tidak akan mengalami perubahan, yakni 29 Februari.

Baca Juga

Sebelumnya, LIB sudah memberikan draft jadwal Liga 1 2020 kepada klub peserta. Dia mengatakan, dari sana klub memberikan umpan balik berupa pengajuan perubahan jadwal. 

Namun, kata dia, tidak semua keinginan masing-masing klub dapat dipenuhi. Sebabm draft jadwal yang dibuat itu telah dimaksimalkan dengan berbagai pertimbangan.

"Tadi memang ada klub yang masih ada minta penyesuaian tentang jadwal tersebut. Sudah kita akomodasikan walaupun tidak mungkin semuanya, karena dihadapkan dengan waktu ataupun agenda timnas, pilkada dan lain sebagainya," kata Cucu usai pertemuan manajer di Hotel Century, Jakarta, Rabu (19/2).

Cucu menambahkan, permintaan perubahan jadwal itu diajukan oleh klub-klub yang jauh secara letak geografis. Menurutnya hal itu kaitannya dengan biaya transportasi yang harus dikeluarkan klub. Namun, Cucu memastikan ada kenaikan nominal subsidi untuk klub meskipun tidak signifikan.

"Dengan kemampuan LIB saat ini kita memutuskan ada peningkatan subsidi klub. Kalau untuk tahun lalu Rp 5 M (miliar), sekarang kita naikkan menjadi Rp 5,2 M, kemudian untuk klub yang secara geografis cukup jauh seperti Persipura dan Persiraja kita tambah masing-masing jadi Rp 5,7 M," kata Cucu.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA