Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Ajax Ditekuk Getafe, Ryan Babel Jadi Kambing Hitam

Jumat 21 Feb 2020 09:44 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Endro Yuwanto

Ryan Babel

Ryan Babel

Foto: EPA-EFE/FACUNDO ARRIZABALAGA
Sepanjang pertandingan, para pemain Getafe mudah jatuh bahkan oleh hal-hal sepele.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Getafe berhasil menundukkan Ajax Amsterdam 2-0 dalam leg pertama babak penyisihan Liga Europa pada Jumat (21/2) dini hari WIB tadi. Tapi diduga kemenangan itu diraih Getafe berkat trik 'kotor'.

Sepanjang pertandingan, para pemain Getafe mudah jatuh bahkan oleh hal-hal sepele. Para pemain itu pun berpura-pura kesakitan tiap kali terjatuh. Diduga cara ini diambil agar wasit menjatuhkan sanksi pada pemain Ajax.

Aksi itu kemudian diikuti Ryan Babel yang seolah frustasi dengan trik 'kotor' Getafe. Sayangnya, tindakan tersebut menuai omelan dari pelatihnya Erik Ten Hag.

"Tindakan semacam itu tidak cerdas. Saya tidak mengira bakal dilakukan pemain berpengalaman seperti dia (Babel)," kata Ten Hag dilansir dari Fox Sports pada Jumat, (21/2).

Babel merupakan satu dari tiga pemain Ajax yang terkena sanksi kartu kuning. Babel melanggar Allan Nyom. Setelah dihukum wasit, Babel justru menirukan aksi pura-pura kesakitan pemaim Getafe sebagai bentuk sindiran.

Ten Hag mengaku kecewa atas tindakan pemain asal Belanda itu. Ia merasa Babel seharusnya lebih bijak menyikapi tindakan lawan. "Anda harus mencoba tenang dan menggunakan otak dengan baik. Anda harus fokus pada tugas Anda bermain bola," tegas dia.

Sementara itu, Babel mengakui tindakannya diambil secara spontan. Ia menganggap hal itu perlu dilakukan karena wasit tertipu oleh lawan.

"Saya tak tahu apa akan melakukannya lagi. Saya menyadari wasit dibodohi lawan di momen penting, saya tidak bisa diam saja," keluh Babel. "Saya pikir lawan terlalu berlebihan, jadi saya mendapat kartu kuning."

Berlaga di markas sendiri, Coliseum Alfonso Pérez, Getafe sebenarnya kalah dominan terutama dalam hal penguasaan bola dari semifinalis Liga Champions musim lalu.

Tapi serangan wakil La Liga Spanyol itu lebih moncer hingga mampu membukukan dua gol lewat aksi Deyverson pada menit ke-37 dan Kenedy beberapa saat jelang laga usai. Kedua gol tersebut lahir berkat umpan matang Mathias Olivera.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA