Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Lyon Vs Juventus, Rekor Pertemuan Memihak Juventus

Rabu 26 Feb 2020 03:03 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto

Para pemain Juventus merayakan gol.

Para pemain Juventus merayakan gol.

Foto: EPA
Dalam empat pertemuan, Lyon belum pernah sekali pun menaklukkan Juventus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juventus akan bertandang ke markas Lyon pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Parc Olympique Lyonnais, Kamis (27/2) dini hari WIB. Ini bukan kali pertama kedua tim bertemu.

Sejak 2014, terhitung sudah empat kali Lyon jumpa Juve. Pada catatan empat laga tersebut, Lyon belum pernah sekali pun menaklukkan Juventus. Sementara Juventus berhasil meraih tiga kemenangan dan satu laga sisanya berakhir dengan hasil imbang.

Dari statistik pertemuan kedua tim, Juventus dua kali menang dengan clean sheet atas Lyon, yakni pada leg pertama Liga Europa 2013/2014 di Prancis dengan kemenangan 1-0 dan di fase grup Liga Champions 2016/2017 dengan hasil akhir yang sama.

Baca Juga

Adapun Lyon sejauh ini hanya mampu mencetak dua gol ke gawang Juventus. Satu gol diciptakan pada leg kedua Liga Europa 2013/2014 di Turin saat kalah 1-2 dan satu gol lainnya pada fase grup Liga Champions 2016/2017 yang berakhir dengan hasil imbang 1-1.

Di musim ini, Lyon akan kembali berhadapan dengan Juventus di babak 16 besar Liga Champions dengan status runner-up Grup G. Di fase grup, Lyon berhasil mencatatkan dua kemenangan, dua kali hasil imbang, dan kalah dua kali. Gol terbanyak tim pada kompetisi tersebut diciptakan oleh Memphis Depay, yakni lima gol dari total keseluruhan sembilan gol. Namun, Depay dipastikan tak bisa memperkuat Lyon akibat cedera ACL (anterior cruciate ligament) yang dideritanya saat menjamu Rennes di Ligue 1 Prancis akhir tahun lalu.

Di sisi lain, Juventus melaju ke babak 16 besar dengan status juara Grup D. Di fase grup, kub asuhan Maurizio Sarri itu tak terkalahkan.

Juventus meraih lima kemenangan dan satu kali imbang. Paulo Dybala menjadi top skorer tim pada kompetisi tersebut dengan koleksi tiga gol. Adapun Cristiano Ronaldo selalu mencetak gol dalam sembilan penampilan terakhirnya untuk Juventus di semua kompetisi, yakni 13 gol. Juventus pun lebih difavoritkan untuk meraih kemenangan pada laga melawan Lyon pada Kamis (27/2) nanti.

Selain itu, jika melihat dari kekuatan pada komposisi pemain, beberapa pemain andalan Lyon tak dapat tampil pada laga tersebut. Selain Depay pemain lain yang juga cedera adalah Youssouf Kone, Reine-Adelaide, Oumar Solet, dan Rafael Pereira da Silva. Adapun Leo Dubois juga sangat diragukan untuk tampil. Sementara lini belakang Juventus justru akan kembali diperkuat oleh Giorgio Chiellini. Sarri pun akan lebih memfokuskan pada penyerangan dengan bertumpu pada Ronaldo.

Di depan, Ronaldo kemungkinan akan bekerja sama dengan Juan Cuadrado dan Paulo Dybala. Juventus tentunya akan mengerahkan kekuatan pada laga tersebut sebagai modal untuk menghadapi leg kedua di Turin nanti. Kendati demikian, Juventus juga kehilangan beberapa pemain seperti Sami Khedira, Merih Demiral, dan Douglas Costa yang masih diragukan tampil karena dalam proses pemulihan cedera. Miralem Pjanic pun masih diragukan untuk tampil.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA