Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Rekor Guardiola di Balik Kemenangan City Atas Real Madrid

Jumat 28 Feb 2020 02:10 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto

Pelatih Manchester City Pep Guardiola.

Pelatih Manchester City Pep Guardiola.

Foto: DOK Republika
Guardiola menjadi pelatih dengan kemenangan terbanyak atas Real Madrid.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Manchester City mencatatkan kemenangan bersejarah atas Real Madrid di Santiago Bernabeu. Pertemuan kedua tim ini berlangsung pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2019/2020, Kamis (27/2) dini hari WIB.

Pada laga tersebut, City menang 2-1 atas tim tuan rumah. Ini menjadi kemenangan pertama bagi the Citizens di Liga Champions setelah empat pertemuan sebelumnya gagal menang.

Pertemuan pertama kedua tim di Liga Champions adalah pada musim 2012/2013. Keduanya bertemu di fase grup dan sebagai tuan rumah, Madrid berhasil meraih kemenangan dengan skor 3-2 pada pertemuan tersebut. Selanjutnya saat menjamu Madrid, City hanya menorehkan skor imbang 1-1.

Pada musim 2015/2016, Madrid dan City bertemu di babak semifinal. Leg pertama dimainkan di Inggris, namun laga berakhir imbang tanpa gol. Sementara Madrid menang 1-0 pada leg kedua.

Kemenangan kali ini sekaligus menjadikan City sebagai tim ketiga asal Inggris yang pernah mengalahkan Madrid di Bernabeu, setelah Arsenal (pada musim 2006 dengan skor 1-0) dan Liverpool (pada musim 2009 dengan skor 1-0). Komentar bernada optimistis pun disampaikan oleh pelatih Manchester City, Pep Guardiola. Menurutnya, kemenangan di Bernabeu membuktikan bahwa City bisa menang di stadion manapun.

"Menang di Bernabeu itu kepuasan terbesar. Kami tak pernah mencetak hasil semacam itu dan ini menunjukkan bahwa kami bisa pergi ke stadion mana pun dan menang," kata Guardiola kepada BT Sport, dikutip dari ESPN, Kamis (27/2).

Di samping itu, kemenangan ini juga sekaligus membawa Guardiola mencatatkan rekor baru sepanjang karier kepelatihannya. Eks pelatih Barcelona dan Bayern Muenchen tersebut sah menjadi raja babak gugur di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Eropa.

Baca Juga

Ini menjadi kemenangan ke-28 yang diraih Guardiola di babak gugur Liga Champions, yang ditorehkan bersama klub berbeda. Angka itu membantunya melewati catatan Sir Alex Ferguson, Jose Mourinho, dan Carlo Ancelotti, yang sama-sama baru menorehkan 27 kemenangan.

Bukan hanya itu, Guardiola juga menjadi pelatih dengan kemenangan terbanyak atas Real Madrid di semua kompetisi sepanjang abad ke-21, yakni 10 kemenangan. Ia melampaui catatan Ernesto Valverde dan Diego Simeone.

Rekor Guardiola selama bertemu Madrid di Bernabeu memang bagus. Saat masih menangani Barcelona, Guardiola bahkan belum pernah kalah sekali pun dari Real Madrid, sembilan kemenangan pernah diraihnya bersama Barcelona. Atas kemenangannya bersama City, Guardiola kini sudah mencatatkan kemenangan sebanyak enam kali di Santiago Bernabeu.

Selain itu, Guardiola juga menjadi pelatih kedua yang mampu meraih dua kemenangan saat bertandang ke markas Real Madrid di ajang Liga Champions. Guardiola kini telah menyamai torehan yang pernah dibukukan oleh Ottmar Hitzfeld.

Setelah kemenangan ini, Guardiola harus bersiap untuk menjamu Madrid di Stadion Etihad pada 18 Maret mendatang. "Saya senang dan puas dengan kemenangan dan performa anak-anak. Tapi, semuanya belum usai. Hanya akan ada satu klub yang akan tampil sebagai juara," kata dia menjelaskan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA