Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Terkait Virus Corona, AFC Tunda Partai Liga Champions Asia

Kamis 27 Feb 2020 21:28 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Agung Sasongko

AFC

AFC

Foto: wikipedia
Enam laga Liga Champions Asia digelar awal Maret.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR -- Federasi Sepak Bola Asia (AFC) memutuskan menunda enam partai babak penyisihan grup Liga Champions Asia 2020. Langkah ini diambil AFC pasca kian meluasnya penyebaran wabah virus Corona. Sebagian besar partai yang ditunda tersebut melibatkan tim-tim asal Korea Selatan dan Iran, yang memang terdampak cukup parah akibat penyebaran virus Corona.

Baca Juga

Sedianya, enam laga di fase penyisihan grup itu akan digelar pada awal Maret dan awal April. Laga Al Wahda FC (UAE) vs Esteghlal FC (Iran), dan Persepolis FC (Iran) vs Al Taawoun FC (Arab Saudi) tadinya bakal digelar pada 2 Maret. Sedangkan, partai Shabab Al Ahli FC (UAE) vs Shahr Khodro FC (Iran), Sepahan FC (Iran) vs Al Nassr FC (Arab Saudi) and FC Seoul (Korea Selatan) vs Chiangrai United (Thailand) sedianya digelar pada 3 Maret.

Sementara partai Al Nassr FC (Arab Saudi) vs Sepahan (Iran) yang dijadwalkan digelar pada 6 April mendatang akhirnya harus ditunda lantaran merebaknya penyebaran virus Corona. Tidak hanya menunda sejumlah partai Liga Champions Asia, AFC juga akan melakukan pertemuan darurat guna membahas dampak penyebaran virus corona terhadap sejumlah agenda kompetisi sepak bola di kawasan Asia.

Rencananya, AFC akan mengundang perwakilan dari perwakilan asosiasi sepak bola dan otoritas liga dari kawasan Asia Timur dan kawasan Asia Barat. Pertemuan ini dijadwalkan bakal digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, pada pekan depan, tepatnya pada 7 dan 8 Maret mendatang.

''Saat ini adalah masa-masa yang paling menantang dan dan tidak terduga. Karena itu, AFC akan bekerja tanpa lelah untuk terus memantau situasi, termasuk larangan berpergian. Kami juga terus melakukan kontak dengan semua anggota, penyelenggara kompetisi, dan klub. Kami akan tetap berusaha menjaga keselamatan semua pemain, oficial, dan penonton, sembari mempertahankan integritas kompetisi,'' kata Sekretaris Jenderal AFC, Windsor John, seperti dikutip Fox Sports Asia, Kamis (27/2).

Secara khusus, AFC akan membahas kemungkinan untuk menunda sejumlah laga di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Olimpiade 2020. Sebelumnya, babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia direncanakan akan digelar pada akhir Maret. Selain itu, AFC juga tengah mencari lokasi baru untuk menyelenggarakan laga babak kualifikasi Olimpiade 2020 cabang olahraga sepak bola Wanita, Cina kontra Korea Selatan, yang dijadwalkan digelar pada 6 dan 11 Maret.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA